Maret 2, 2024

JAKARTA – Wakil Menteri BUMN Kartika Virjoatmodjo mengapresiasi minat Grup PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dalam mempercepat swasembada gula tanah air dan dukungannya terhadap petani. Di saat yang sama, PTPN Group terus berupaya mempercepat swasembada gula nasional.

“Tentunya untuk mewujudkan itu semua, harus ada upaya khusus dari atas hingga bawah,” kata Tiko, begitu ia disapa, saat melakukan kunjungan kerja ke HGU PTPN I Regional 4 Perkebunan Lumajang, Kamis (28/12), dikutip. /2023).

Dalam kunjungan tersebut, Wamen Tiko didampingi Direksi Nusantara Perkebunan Holding dan PTPN IV (Subholding PalmCo), serta Direksi PTPN I menggelar acara penanaman kebun benih Datar 24/25. (Holding Support Company) dan Direktur PT Sinergi Gula Nusantara (Holding PalmCo). memegang perusahaan gula).

Tiko mengatakan, untuk menjaga keberlangsungan perekonomian Indonesia, diperlukan upaya khusus untuk mencapai swasembada pangan. Kemudian juga mampu menghasilkan varietas benih berkualitas tinggi untuk menghasilkan varietas asli yang berdaya hasil tinggi di tanah Indonesia.

Tico menegaskan, mulai dari pembibitan hingga pengelolaan kebun, ekosistemnya harus tetap terjaga. Penelitian dan pengembangan produktivitas dan efisiensi, disiplin pengelolaan perkebunan, pengelolaan keuangan dan usaha serta neraca perusahaan harus menjadi satu kesatuan.

“Sehingga ke depan PTPN bisa pulih dari sisi produksi,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Abdul Ghani, Direktur PTPN III Holding (Persero), mengatakan kunjungan Wakil Menteri Pertanian dan Kehutanan menjadi motivasi bagi para pekebun PTPN Grup untuk kembali mengukir sejarah.

“Kalau cerita tebu adalah cerita sejarah, bagaimana kita merekonstruksi sejarah itu?” Oleh karena itu, komitmen PTPN ke depan adalah menciptakan inkubator, pelatihan, dan promosi kepada masyarakat. “Kami akan siap memperbaiki pengelolaan tebu untuk rakyat,” kata Ghani.

Lebih lanjut Ghani mengatakan, selain pembenahan areal HGU ke depannya, PTPN Group juga akan bekerja keras membantu para petani. Kunjungan Anda sekali lagi menjadi sumber motivasi untuk mewujudkan harapan pemerintah, kata Ghani.

Di akhir kunjungan kerja, Wakil Menteri Perekonomian juga menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) oleh Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani menjadi direktur utama PTPN IV (yang mengendalikan PalmCo). Jatmiko Krisna Santosa beroperasi dalam kemitraan dengan Perkebunan Sei Meranti, Kebun Bukit Tujuh dan Pabrik Kelapa Sawit Sei Meranti di bawah PTPN III (Persero).

Selain itu, CEO PTPN I (SupportingCo) Teddy Yunirman Danas dan CEO PTPN IV (PalmCo) Jatmiko Krisna Santosa menandatangani perjanjian kerja sama pengelolaan perkebunan, pabrik kelapa sawit, dan pabrik pengolahan inti sawit milik PT Perkebunan Nusantara I, Teddy Yunirman Danas yang turut serta Direktur PTPN I (Perusahaan Penunjang), dan Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo) Aris Toharisman membahas kerja sama operasi (KSO) aset bisnis Gula Dur antara PTPN I dan PT Sinergi Gula Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *