Maret 3, 2024

YOGYAKARTA – Pembangunan Kampus Studi Masa Depan Mohammed bin Zayed University (MBZ) resmi dimulai pada Rabu, 31 Januari 2024. Presiden Joko Widodo dan Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama K.H. Yahya Cholil Stakuf dari Universitas Nadhatul Ulama (UNU) Yogyakarta dan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazroui.

Pembangunan kampus MBZ Future Studies University merupakan hasil kerjasama signifikan antara Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta dengan Mohamed Bin Zayed University for the Humanities (MBZ UH) dan merupakan bagian dari perayaan HUT Nahdlatul Ulama ke-101.

Dalam acara pembukaan ini, MBZ UH Dr. Dr. Tokoh-tokoh penting, termasuk Presiden, juga hadir. Khalifa Mubarak Al Dhaheri, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA), Husin Bagis, Duta Besar UEA untuk Indonesia, Duta Besar Non-Residen Timor Timur dan ASEAN dan Abdullah Salem Al Dhaheri, Presiden, UNU Yogyakarta. Vidya Priyahita Pujibujo.

Presiden Joko Widodo menyambut baik berdirinya MBZ University of Future Studies (Kampus Futurologi) atas dukungan pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) di kompleks Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta.

Dalam keterangan resminya, Rabu (31/1/2024), Yoko Widodo dari YNU mengatakan, “Ini adalah sekolah pascasarjana yang berfokus pada penelitian masa depan sebagai inisiatif utama yang menunjukkan kesiapan kita menghadapi masa depan.”

Pembangunan sekolah ini terinspirasi oleh Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan yang setahun lalu mengatakan kepada Presiden Joko Widodo bahwa negaranya memiliki universitas khusus penelitian kecerdasan buatan (AI).

Dubes Husin Bagis memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menegaskan bahwa pendirian kampus MBZ CFS merupakan wujud nyata semakin eratnya kerja sama antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. Rencana tersebut juga menjadi bukti kuatnya hubungan antara Presiden Joko Widodo dan Syeikh Mohamed Bin Zayed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *