Februari 26, 2024

Liputan6.com, Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (K3) Jakarta, diperingati setiap tanggal 12 Januari setiap tahunnya. Masih memperingati Bulan K3, PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada Selasa menyelenggarakan upacara Bulan K3 di Jakarta yang terdiri dari seminar keselamatan konstruksi, seminar kesehatan, dan penghargaan K3 hybrid. 30.1.).

Seminar tersebut dihadiri oleh M. Agus Setiawan, Direktur Pengembangan Bisnis Jasa Marga, Nixon Sitorus, Sekretaris Perusahaan dan Chief Administration Officer Jasa Marga, Jasa Marga Devi Lusyana, Head of Risk and Quality, Health, Safety and Environment, Deputy Chief Office Group Manager dan Regional Manager Kepala departemen, pimpinan anak perusahaan dan penyedia jasa jalan tol serta Jasa Marga Roadster, baik secara online maupun offline.

M. Agus Setiawan, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, dalam sambutannya menyatakan bahwa seminar keselamatan konstruksi ini akan meningkatkan kompetensi para Roadster Jasa Marga khususnya yang saat ini bergerak di proyek pembangunan jalan tol untuk mencapai standar keselamatan, keamanan, kesehatan dan keberlanjutan (Z4).

“Empat poin ini perlu dibakukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja, masyarakat, dan lingkungan hidup. Di lingkungan Jasa Marga Group, kita harus mematuhi perubahan Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Bangunan (SMKK) Keputusan Pengurus Utama Jasa Marga yang juga mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 10 Tahun 2021”, kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, untuk mendukung kinerja pemantauan baik tingkat regional maupun industri pada proyek konstruksi, maka perlu dilakukan penyesuaian penerapan sistem manajemen keselamatan konstruksi pada setiap tahapan (termasuk perencanaan/desain, pengadaan dan seleksi seperti konstruksi dan pemeliharaan). .

Pastikan juga kontraktor menyiapkan struktur organisasi keselamatan konstruksi, dengan posisi manajer proyek kontraktor yang paling senior untuk proyek tersebut sesuai dengan manajer departemen keselamatan konstruksi (SDF) kontraktor. Memastikan tersedianya sertifikasi Profesional Keselamatan Konstruksi dan Petugas Keselamatan Konstruksi untuk personel Keselamatan Konstruksi (CSD) kontraktor. Memastikan biaya penyelenggaraan SMKK tercantum dalam rencana rinci anggaran biaya (RAB) dan melakukan audit internal SMKK terhadap pelaksanaan konstruksi minimal setahun sekali.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan sesi Seminar Konstruksi yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Akses Patimban Viktor N. Mahandre dan dua pembicara berkompeten lainnya yaitu Direktur Keberlanjutan Konstruksi Direktorat Jenderal (Ditjen) PT. Pembangunan Konstruksi Kementerian PUPR Kimron Manik dan Ketua Umum Persatuan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (PAKKI) Blue Nurdin.

Direktur Keberlanjutan Konstruksi Direktorat Jenderal Pembinaan Konstruksi Kementerian PUPR Kimron Manik menjelaskan landasan hukum SMKK salah satunya tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang turunannya adalah tertuang dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 1 Tahun 2022 tentang Petunjuk Penyusunan Perkiraan Pekerjaan Konstruksi di Kawasan PUPR.

“Dalam penerapan SMKK, standar keselamatan, kesehatan, dan keberlanjutan (K4) diikuti. Untuk mencapai strategi pemenuhan standar K4 dalam peraturan SMKK diperlukan beberapa aspek seperti pemenuhan SMKK pada setiap tahapan jasa konstruksi mulai dari perencanaan konsep, pelaporan dan dokumentasi, struktur organisasi, biaya pelaksanaan, kepemimpinan. dan pengawasan terhadap, yang sama pentingnya, implementasi operasional,” kata Kimron.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Profesi Keselamatan Konstruksi Indonesia (PAKKI) Lazuardi Nurdin menambahkan, Jasa Marga saat ini telah menerapkan dua kebijakan, yakni Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Kedua pedoman ini sangat membantu dalam memberikan perlindungan maksimal kepada pekerja, dan juga sejalan dengan peraturan pemerintah.

“Jika SMKK ini dilaksanakan dengan baik, maka seluruh kegiatan konstruksi yang dilakukan dapat jelas dan terorganisir, terdokumentasi dengan baik dan dapat dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan,” jelas Modrý.

Sesi selanjutnya juga diisi dengan seminar kesehatan dengan menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam dari RS Puri Cinere, Dr. Jaka Panca Satriawan, Sp.PD, FINASIM dan Dokter Perusahaan Jasa Marga Dr. Rani Herdiani memberikan materi “Mengenal dan Menyikapi Penyakit Metabolik di Era Digital” sebagai moderator pada Resolusi Sehat 2024.

Dokter Jaka mengatakan, masalah kesehatan yang sedang tren di era digital ini adalah computer vision syndrome (CVS) yang muncul dari sekelompok gejala nyeri pada mata dan leher akibat penggunaan komputer, layar, atau ponsel pintar secara berlebihan.

“Selain itu, pekerja kantoran seringkali mengalami gangguan kesehatan akibat gaya hidup/pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu kita perlu mengubah pola makan dan gaya hidup dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga minimal tiga kali seminggu. Olah raga bisa dilakukan dengan jogging, jalan santai, senam aerobik atau bersepeda untuk menjaga metabolisme tubuh selama bekerja di era digital, ujar Dr. Jaka.

Selain itu, Jasa Marga juga memberikan penghargaan K3 kepada pegawai dan unit organisasi Jasa Marga yang telah menerapkan dengan baik nilai-nilai K3 di unit kerja masing-masing dalam empat kategori, antara lain kategori “Organisasi Pengelola K3 Terbaik”, “Personel Pemilik Keamanan Terbaik” dan kategori “Organisasi Pengelola K3 Terbaik”. Kategori “Safety Officer” dan kategori terbaik “Safety Inspector”.

Peringatan Nasional Bulan K3 Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2024 sampai dengan tanggal 12 Februari 2024 dan dilaksanakan serentak di seluruh tanah air. Sejalan dengan Program Bulan K3 Nasional yang dicanangkan pemerintah untuk setiap perusahaan, Jasa Marga menyelenggarakan serangkaian kegiatan pada periode Bulan K3 Nasional yang dimulai pada tahun 2024 dengan dimulainya Seruan Peringatan Bulan K3 Nasional dan Bulan K3 Instalasi Media Luar Ruangan Nasional. dilanjutkan dengan donor darah roadster Jasa Marga dan upacara K3 bulanan yang terdiri dari seminar keselamatan konstruksi, seminar kesehatan dan penghargaan K3. Rangkaian kegiatan bulan K3 nasional dilanjutkan dengan kampanye “Senam K3 untuk olah raga pekerja sehat” dan “Senam pekerja sehat” dan diakhiri dengan pelatihan ahli keselamatan konstruksi untuk grup Jasa Marga.

Selain itu, Jasa Marga akan terus fokus kepada seluruh unit kerja di kantor pusat, departemen wilayah dan anak perusahaan Jasa Marga Group untuk terus meningkatkan kesadaran terhadap pelaksanaan kegiatan usaha yang memperhatikan nilai-nilai K3 di setiap perusahaan. Menjaga kelangsungan usaha dan mencapai produktivitas.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *