Maret 3, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tindakan yang dilakukan segera setelah bangun tidur bisa memengaruhi performa sepanjang hari. Padahal, aktivitas tersebut bisa menentukan kualitas tidur malam Anda.

“Kebiasaan sehat di pagi hari dapat menciptakan ritme yang kuat, mendorong kesegaran sepanjang hari, dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari,” kata psikolog dan pakar tidur Dr. Chester Wu melaporkan di Huffington Post, Selasa (23/1/2019). 2024).

Sebaliknya, kebiasaan buruk setelah bangun tidur bisa berdampak sebaliknya. Salah satu kebiasaan buruk yang dihindari banyak ahli tidur adalah tetap terjaga setelah bangun tidur.

Sayangnya, Perilaku ini umum terjadi pada banyak orang. Misalnya, beberapa orang suka bersantai di tempat tidur dan bermain ponsel sebentar setelah bangun tidur.

“Setelah bangun, usahakan jangan begadang terlalu lama,” kata dokter. Wu.

Ahli saraf dan ilmuwan tidur Chelsie Rohrscheib menunjukkan hal serupa. Rohrscheib mengatakan dia tidak terlalu lama berada di tempat tidur dan melakukan aktivitas kurang tidur atau aktivitas intim segera setelah bangun tidur.

Setelah bangun, Rohrscheib segera turun dari tempat tidur dan pergi ke ruangan lain di rumah. Rohrscheib mengatakan praktik ini akan membantu otak mengintegrasikan kamar tidur sebagai tempat istirahat.

“Jadi kita bisa menciptakan fase tidur,” kata Rohrscheib.

Pakar tidur dan ahli saraf lainnya, Dr. Chris Winter, memiliki pendapat serupa. Setelah bangun tidur, Dr. Ruangan lain di rumah yang mendapat lebih banyak sinar matahari di musim dingin.

Kata dokter. Paparan sinar matahari setelah bangun tidur di musim dingin membantu otak berhenti memproduksi hormon melatonin yang memicu tidur. Maka tubuh akan lebih mampu menghadapi hari.

Kebiasaan lain yang dihindari banyak ahli tidur adalah kembali tidur setelah bangun tidur. Carleara Weiss, asisten profesor peneliti di University of Buffalo, mengatakan bahwa bangun di pagi hari dan kembali tidur mengganggu metabolisme tubuh.

“Waktu bangun yang teratur merupakan jam biologis tubuh yang tidak hanya mengatur tidur, tapi juga mengatur fungsi tubuh,” kata Weiss.

Tertidur setelah bangun tidur dapat menyebabkan banyak keluhan, kata Weiss, seperti “jet lag, kesulitan berkonsentrasi, kelelahan, mudah tersinggung, dan sakit kepala.” Jadi, bahkan di akhir pekan, Weiss tidak tidur setelah bangun di pagi hari.

Dokter Spesialis Tidur dan Dokter Penyakit Dalam Dr. Raj Dasgupta Kembali tidur setelah bangun beberapa kali saja tidak akan menimbulkan masalah dalam jangka panjang. Namun praktik ini dapat menimbulkan dampak negatif seperti sulit tidur di malam hari.

“Menjaga jadwal tidur yang teratur di mana Anda bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Dasgupta

Di samping itu, Para ahli tidur punya banyak saran aktivitas yang bisa Anda lakukan segera setelah bangun tidur. Berikut ini adalah hal yang umum:

1. Paparan sinar matahari dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur di pagi hari. Berjalan-jalanlah di luar atau duduklah dengan tenang di dekat jendela yang terkena cahaya.

2. Berolahraga atau melakukan beberapa aktivitas fisik, seperti mengajak hewan peliharaan Anda berjalan-jalan di sekitar rumah atau berjalan kaki ke tempat kerja.

3. Tidurlah setelah bangun tidur. Kegiatan tersebut mampu menghilangkan keinginan untuk kembali tidur setelah bangun tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *