Februari 26, 2024

JAKARTA – Inspirasi belajar bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali pendidikan kejuruan, yang menyambut baik keterlibatan tenaga profesional dalam mengajar di unit pelatihan kejuruan.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kiki Yuliati mengatakan kehadiran guru profesional hendaknya memberikan inspirasi yang dapat menggugah pola pikir generasi muda Indonesia untuk menciptakan berbagai inovasi di bidang profesional.

Ia meyakini kehadiran tenaga pengajar melalui Program Kewirausahaan Pendidikan sangat penting bagi sumber daya manusia yang profesional untuk menyeimbangkan keterampilannya seiring dengan perkembangan DUDI.

“Hadirnya program ini mendukung sumber daya manusia yang profesional sehingga mampu bergerak cepat beradaptasi dengan tuntutan dunia pendidikan,” ujarnya saat kick off Gerakan Wirausaha Pendidikan di SMK MM2100 Mitra Industri, Bekasi, melalui siaran pers. rilis yang dikeluarkan pada Jumat (2/2/2024).

Baca Juga: Siap Masuk Politeknik Terbaik? Berikut biaya kuliah Polban Bandung 2023/2024

Kehadiran guru profesional, lanjut Kiki, tidak hanya mampu memberikan informasi kepada siswa tentang DUDI yang sebenarnya, tetapi juga mampu memberikan inspirasi kepada siswa profesional.

“Para profesional dapat memberikan inspirasi kepada siswa, guru, dosen, dan kepala sekolah. “Artis yang datang ke kampus tidak hanya bercerita, tapi juga membuka mata dan menginspirasi visi mahasiswa tentang apa yang harus mereka lakukan (di masa depan),” ujarnya.

Sekadar informasi, Program Wirausaha Mengajar merupakan program baru yang diluncurkan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Program ini mengundang 1.000 pengusaha di seluruh provinsi Indonesia untuk memberikan wawasan, motivasi dan nilai-nilai keteladanan kepada mahasiswa dan tenaga pengajar untuk menyongsong Industri 4.0. Peluncuran program ini bertepatan dengan hari ulang tahun Apindo yang ke-72.

Lebih lanjut Kiki menyampaikan, dunia pendidikan selama ini telah memberikan ilmu dan pemahaman di sekolah. Kehadiran tenaga profesional di bidang ini selanjutnya akan menghubungkan titik-titik pengetahuan dan pemahaman tersebut melalui bahan ajarnya.

Baca juga: Mengikuti kursus gratis membawa barista ini sukses membuka kedai kopi di Bandung

Melalui Merdeka Belajar, Kemendikbud membuka dan menyambut baik niat baik para wirausaha untuk menjadi guru di unit pelatihan vokasi. Sebagai sumbangsih penting bagi bangsa Indonesia, Kiki Yuliati berharap kehadiran wirausaha dapat membekali siswa dengan kemampuan belajar dan kemampuan berpikir melebihi kemampuan dasar yang telah diajarkan kepada siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *