Maret 2, 2024

Liputan6.com, Jakarta Di balik pribadi Eva Kelia yang tenang saat berada di depan umum, wanita berusia 31 tahun ini didiagnosis mengidap gangguan kecemasan.

“Saya mengalami gangguan kecemasan, sekitar 7-8 tahun yang lalu,” kata Eva.

Dia mencari bantuan untuk kondisi ini. Eva pun menemukan cara atau proses yang tepat untuk menghadapi situasi tersebut.

“Sudah ada alat dan mekanisme yang sehat untuk mengatasi hal ini,” aku Sofia Latjoba dan putri Indira Lassman.

Namun Eva tidak menjelaskan penyebab atau pemicu gangguan kecemasan yang dialaminya di usia 20-an.

“Ada banyak, tapi mungkin saya tidak bisa menceritakan semuanya di sini,” dia tertawa. Apa itu gangguan kecemasan?

Kecemasan atau kekhawatiran merupakan hal yang lumrah dialami seseorang. Namun menurut Mayo Clinic, orang dengan gangguan kecemasan sering kali memiliki kekhawatiran dan ketakutan yang intens, berlebihan, dan terus-menerus terhadap situasi sehari-hari.

Seringkali, gangguan kecemasan mencakup perasaan cemas dan takut atau panik yang tiba-tiba dan berulang, yang memuncak dalam beberapa menit atau disebut serangan panik.

Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit dikendalikan meski risikonya tidak terbayangkan. Jadi, seperti yang dilakukan Eva, penting untuk mencari bantuan profesional dan mendapatkan teknik mekanis yang tepat.

Eva pun mengaku hingga saat ini masih merasa gugup saat naik panggung untuk bernyanyi. Ada perasaan gugup, apalagi sehari sebelum nyanyian itu muncul.

“Masih demam panggung, grogi banget. Sehari sebelum hari besar stres banget,” pelantun C.H.R.I.S.Y.E bersama Discoria dan Lalilmanino itu dengan santai mengungkapkan emosinya.

Menyadari hal tersebut, Eva mengaku sudah memiliki strategi untuk mengurangi rasa cemasnya.

Jadi saya istirahat, lakukan latihan pernapasan, meditasi agar saya merasa tenang, kata Eva.

Selain itu, ia juga menyukai aromaterapi. Maka saat Plasa yang merupakan inhaler dan berisi aromaterapi diundang untuk mengikuti peluncuran undian mini Plasa, Eva pun heboh.

“Jika jadwal manggung padat, saya merasa lelah secara mental. Akhirnya, saya menggunakan minyak aromaterapi sebagai obat penenang untuk menenangkan pikiran, dan aman digunakan bagi mereka yang memiliki jadwal sibuk.” Dia mengakuinya. Dimulainya Undian Plaza Mini di Jakarta Pusat pada Kamis, 18 Januari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *