Maret 4, 2024

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, kenaikan harga tiket terlihat di banyak rute lokal.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com yang dikutip Senin (4/12/2023), harga tiket yang ditawarkan terlihat dari beberapa maskapai yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, Pelita dan AirAsia.

Lacak melalui aplikasi tiket online Traveloka dan Tiket.com dengan waktu keberangkatan H-2 untuk perayaan Natal dan Tahun Baru, tepatnya pada hari Sabtu 23 Desember 2023 dan 30 Desember 2023 dengan kelas ekonomi dan rute bebas satu kali. Jalur Jakarta – Surabaya

Di Traveloka, harga tiket rute Jakarta – Surabaya keberangkatan 23 Desember 2023 menggunakan maskapai LCC sekitar Rp 1,19 juta dan tiket termahal Rp 1,37 juta.

Selain itu, pada rute yang sama dengan maskapai kelas menengah seperti Super Air Jet dan Pelita Air, harga tiketnya mulai dari Rp 1,44 juta.

Pada rute Jakarta – Surabaya yang berangkat tanggal 23 Desember 2023 menggunakan full service maskapai seperti Garuda Indonesia dan Batik Air, harga tiketnya mulai dari Rp 1,35 juta hingga Rp 1,59 juta.

Sementara itu, terdapat perbedaan harga tiket keberangkatan 30 Desember 2023 yang secara umum mengalami kenaikan dibandingkan H-2 pada perayaan Natal.

Diantaranya, untuk penerbangan rute Jakarta – Surabya yang berangkat pada 30 Desember 2023 menggunakan maskapai LCC seperti AirAsia, Lion Air, dan Citilink, tarifnya mulai dari Rp1,15 juta hingga Rp1,17 juta.

Selain itu, untuk maskapai kelas menengah seperti Super Air Jet dan Pelita Air, harga tiketnya mulai dari Rp1,44 juta hingga Rp2,1 juta.

Sedangkan untuk maskapai full service seperti Garuda Indonesia dan Batik Air, harga tiketnya mulai dari Rp1,35 juta hingga Rp2,7 juta.

Di Tiket.com, harga tiket rute Jakarta – Surabaya berangkat tanggal 23 Desember 2023 menggunakan maskapai LCC sekitar Rp 1,19 juta dan tiket termahal Rp 1,36 juta.

Selain itu, pada rute yang sama dengan maskapai kelas menengah seperti Pelita Air, harga tiketnya mulai dari Rp 1,43 juta.

Tarif mulai dari Rp1,35 juta hingga Rp3,3 juta untuk rute Jakarta – Surabaya yang berangkat 23 Desember 2023 dengan maskapai full service seperti Garuda Indonesia dan Batik Air.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah penumpang udara pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2023-2024 mencapai 4 juta orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni menjelaskan, angka tersebut lebih tinggi 19 persen dibandingkan periode Natal tahun lalu sebanyak 3,4 juta orang.

Prakiraan ini menunjukkan tingkat kepulangan pelaku perjalanan udara menjelang Natal 2019, yaitu sebesar 84,6 persen untuk penerbangan domestik dan 93,5 persen untuk penerbangan internasional, jelas Kristi, Sabtu (12/2/2023).

Ia meyakini, rute domestik termiskin yang berpotensi adalah rute Jakarta (CGK) ke Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), dan Surabaya (SUB).

Rute internasional yang paling sibuk adalah rute Jakarta (CGK) – Singapura (SIN) dan Denpasar (DPS) – Singapura (SIN), tambahnya.

Kristi juga mengatakan, persiapan penyelenggaraan transportasi udara untuk musim Natal sudah dimulai sejak awal tahun 2023.

“Kesiapan armada, fasilitas ground handling, pemeriksaan fasilitas/peralatan terkait, pemeriksaan personel dan lain-lain dilakukan oleh inspektur penerbangan di kantor pusat dan Kantor Bandara,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (TPA) Kementerian Perhubungan, puncak arus balik lalu lintas udara diperkirakan terjadi dalam 2 periode, yakni puncak arus Natal pada 22 Desember 2023 dan puncak arus balik Tahun Baru. arus pada 29 Desember 2023. Sedangkan puncak kemunduran pada Natal dan Tahun Baru pada 2 Januari 2024.

Direktorat Jenderal Perhubungan melakukan pemantauan terhadap 51 bandara penerbangan dalam negeri (domestik) guna memantau pelaksanaan lalu lintas udara periode Natal 2023-2024. Berikut daftarnya: Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma Tangerang, Bandara Sultan Iskandar Muda Jakarta, Bandara Kualanamu Banda Aceh, Bandara Minangkabau Deli Serdang, Bandara S. M. Badaruddin II Padang, Bandara Sultan Syarif Kasim II Palembang, Bandara T. Pekangarau Sising , Bandara H.A.S Hanandjoeddin Pekangarau Sising Palangkaraya, Bandara Tanjung Pandan Kertajati, Bandara Majalengka Bandara Jenderal Sudirman Banyuwangi, Bandara Supadio Purbalingga, Pontianak; Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Internasional Lombok Lombok, Bandara Praya Eltari Lombok, Bandara Juanda Kupang, Bandara Adi Soemarmo Sidoarjo, Bandara Adi Sucipto Solo, Bandara Internasional Yogyakarta Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Kulon Progo, Bandara Sultan Hasanuddin Semarang, Bandara Sul Makassar Muhamad Sulaiman, Bandara Pattimura Balikpapan, Bandara Syamsuddin Noor Ambon, Bandara Sam Ratulangi Banjarmasin, Bandara Frans Kaisiepo Manado, Bandara Biak Sentani, Bandara Hang Nadim Jayapura, Bandara Bandar Abdul Rachman Saleh Batam, Bandara Juwata Malang, Bandara Tarakan Aju Kalimarau Tumenggung Pranoto, Samarinda Mutiara Sis Al Jufri, Bandara Palu Haluoleo, Bandara Djalaluddin Kendari, Bandara Sultan Babullah Gorontalo, Bandara Ternate Komodo, Bandara Sultan Mahmud Salahudin Labuan Bajo, Bandara Bima Iskandar, Bandara Pangkalan Bun Domine Eduard Osok Kilang, Sorong Kilang, Bandara Timika Rendani, Bandara Manokwari Mopah, Merauke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *