Maret 3, 2024

HUANGZHOU – Tim bulu tangkis Indonesia menorehkan catatan kelam di Asian Games 2023. Untuk pertama kalinya dalam sejarah bulu tangkis, mereka tidak menyumbang medali di ajang tersebut untuk negara-negara Asia.

Tak ada satu pun wakil tim Merah Putih yang melaju ke semifinal nomor individu Asian Games 2022 Hangzhou.

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi satu-satunya pendukung Indonesia yang tersisa, kalah dari wakil Jepang, Aya Ohori 10-21, 19-21 di babak perempat final, Kamis 5 Oktober 2023.

Game pertama dibuka dengan dua poin pertama Ohori. Gregoria berusaha menangkap dari jarak jauh. Beberapa petinju kelas bulu arahan Gregoria membentur net dan menyebar ke luar lapangan, sehingga menambah skor bagi Ohori yang memimpin dan memenangkan interval pertama 11-2.

Usai jeda, Gregoria dengan sabar berusaha merebut poin demi poin. Namun Ohori yang rajin menyikapi serangan dan bertahan ketat mampu mempertahankan keunggulannya, 16-5 melawan Gregoria.

Gregoria berhasil menyandang peringkat 20 dunia tunggal putri dengan skor 16 dengan meraih empat poin berturut-turut. Kepercayaan diri tersebut tidak bertahan lama, menyusul Ohori yang kembali bermain menyerang, hingga akhirnya mencapai match point, dan memenangkan pertandingan pertama dengan skor 21-10.

Game kedua dibuka dengan dua poin berturut-turut bagi Gregoria yang tampak berusaha bermain lebih sabar dengan reli-reli panjang. Tunggal putri peringkat tujuh dunia itu pun memaksa Ohori bermain cepat hingga beberapa kali melakukan kesalahan sendiri yang membuat Gregoria unggul sementara 6-1.

Keunggulan Gregoria tak bertahan lama, perlahan disusul Ohori dan Gregoria hanya tertinggal satu angka 8-7. Namun Gregoria mengamankan game kedua 11-9.

Selepas interval gim kedua, Ohori semakin percaya diri hingga mengalahkan Gregoria 12-11, hingga wakil Indonesia melancarkan serangan dan kembali unggul 14-13.

Perebutan poin di game kedua berlangsung semakin sengit. Kedua tunggal putri berusaha menutup match point di titik kritis.

Saat skor 17-18, lutut kiri Gregoria dirawat dengan semprotan pereda nyeri setelah terjatuh dan bangkit untuk menyelamatkan bola. Pada kedudukan 19-19, serangan silang Gregoria keluar batas, dan Ohori mendapatkan match point kedua, memenangkan game kedua dengan skor 21-19.

Gregoria menjadi satu dari tiga wakil Indonesia yang berlaga di perempatfinal Asian Games Hangzhou 2022. Sebelumnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga kalah dari wakil China Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin, 19-21, 18-21 .

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga kalah dari wakil China, Li Shi Feng, dalam dua gim berturut-turut dengan skor 13-21, 17-21. Ginting Akan Raih Gelar Juara Terlambat di BWF World Tour Finals Anthony Sinisuka Ginting sedang melakukan uji lapangan jelang pertarungannya di BWF World Tour Finals 2023. kabarbinjai.com.co.id 11 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *