Maret 3, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Otak membutuhkan nutrisi untuk menjalankan fungsinya. Jumlah tertentu dipercaya dapat membantu mempertajam fokus dan meningkatkan daya ingat, rentang perhatian, dan fungsi otak.

Tidak dapat disangkal bahwa seiring bertambahnya usia, tubuh kita pun ikut mengalami hal yang sama. Kabar baiknya adalah seseorang dapat meningkatkan peluangnya untuk menjaga kesehatan mental dengan menambahkan makanan dan minuman pilihan ke dalam pola makannya. Sdr

Simak daftar makanan yang bisa menyehatkan otak untuk membantu daya ingat dan konsentrasi, dikutip dari WebMD, Jumat (8/12/2023).

1. Kafein

Untuk meningkatkan IQ atau membuat seseorang lebih pintar, ada zat tertentu seperti kafein yang memberikan energi dan membantu seseorang berkonsentrasi lebih baik. Kafein yang ditemukan dalam kopi, coklat, minuman berenergi, dan beberapa obat memberikan perasaan nyaman saat terjaga, meskipun efeknya hanya berumur pendek. Namun konsumsinya sebaiknya dalam jumlah sedang, karena terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegelisahan dan ketidaknyamanan.

2. Glukosa

Glukosa, yang diproses tubuh dari gula dan karbohidrat yang dimakannya, dapat memberi nutrisi pada otak. Hal ini dikarenakan segelas jus buah dapat memberikan peningkatan jangka pendek pada daya ingat, berpikir dan kemampuan mental. Namun jika digunakan secara berlebihan, daya ingat seseorang bisa terganggu. Kurangi asupan gula tambahan karena telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

3. Ikan

Sumber protein yang berhubungan dengan peningkatan fungsi otak adalah ikan. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan otak. Sayuran sehat ini memberikan kekuatan otak yang luar biasa. Pola makan dengan kadar lemak sehat yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan stroke, serta penurunan kognitif yang lebih lambat. Manfaat ikan juga berperan penting dalam meningkatkan daya ingat, terutama seiring bertambahnya usia. Makanlah dua porsi ikan per minggu untuk kesehatan otak dan jantung.

4. Kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan vitamin E yang baik, yang dalam beberapa penelitian telah dikaitkan dengan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Cokelat hitam memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, dan mengandung stimulan alami seperti kafein, yang dapat meningkatkan fokus.

Nikmati hingga 28 gram kacang-kacangan dan coklat hitam, atau sekitar setengah sendok teh per hari untuk mendapatkan semua manfaat yang Anda butuhkan dengan sedikit kalori, lemak, atau tambahan gula.

5. Sereal

Biji-bijian utuh, seperti popcorn dan biji-bijian, juga menyumbang serat makanan dan vitamin A. Meskipun alpukat tinggi lemak, sayuran yang baik untuk Anda ini membantu meningkatkan aliran darah.

6. Blueberry

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi efek kondisi terkait usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *