Maret 4, 2024

Jakarta, 24 Oktober 2023 – Setiap kendaraan bermotor wajib memiliki pelat nomor identitas resmi. Fungsinya untuk memudahkan identifikasi kendaraan oleh polisi dan masyarakat.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang menggunakan plat nomor palsu. Pembuatan plat nomor palsu bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang biasa hingga yang sama dengan plat nomor asli.

Peristiwa yang terjadi baru-baru ini di kawasan Kawang, Jakarta Timur adalah salah satu contohnya. Seperti dilansir kabarbinjai.com Otomotif dari laman TMCPoldaMetro, seorang pengemudi Honda Brio kedapatan menggunakan plat nomor palsu pada mobilnya.

Alasan pengemudi perempuan menggunakan plat nomor palsu adalah agar bisa melewati kawasan yang diberlakukan pembatasan mobil dengan sistem ganjil genap.

Polisi lalu lintas Jakarta Timur menindak pengendara mobil yang menggunakan pelat nomor TNKB yang tidak sesuai dengan surat kendaraannya di sekitar lampu lalu lintas Halim Baru Kawang Jakarta Timur, tulis pengelola akun tersebut.

Unggahan ini mendapat banyak komentar dari netizen. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana pihak berwenang mengetahui pelat nomor yang dipajang itu palsu.

“Selain fisiknya, bagaimana polisi bisa tahu itu plat palsu, Pak?” Seorang netizen bertanya.

Terlebih lagi, pertanyaan tersebut dibanjiri komentar dari netizen lainnya. Beberapa di antaranya memberikan berbagai informasi mengenai trik polisi mendeteksi plat nomor palsu.

“Lihat fontnya om, bagus, hehe… Rapi sekali pembuat piringnya, tidak ada yang punya font yang sama. Pembuat piring di Sabang dan Meruke juga banyak, perhatikan; Hasilnya dan bandingkan dengan aslinya, Polri punya hak paten untuk font itu,” kata seorang warganet.

Netizen lainnya mengatakan, “Ada aplikasi Samsat yang terhubung dengan perangkat yang disimpan oleh CSO, c. Masukkan plat nomornya, data mobil akan langsung keluar.”

“Diantara 3 huruf terakhir, huruf tengahnya misalnya kode. Fortuner kategori SUV pakai plat PJO jadi POV saat mencetak gol. Kalau SUV J atau apalah kalau tidak salah ada hurufnya. kode,” komentar netizen lainnya. Advokat Komunitas Linkar ​​Nusantara (Lisa) mengajukan pengaduan terhadap artis Bouthet Kartarejasa menyusul dugaan intimidasi polisi.kabarbinjai.com.co.id 9 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *