Maret 2, 2024

Sumut – Badan Nasional Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Universitas Sumatera Utara (USU) diakui sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap kependudukan.

Diberikan langsung oleh Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, SSos, MSi pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Hargan) di Banjuasin, Sumsel Selasa pekan depan, 4 Juli 2023.

Rektor USU prof. Murjanto Amin menjelaskan, penghargaan ini diberikan BKKBN Pusat karena USU dianggap sebagai pemrakarsa berdirinya Konsorsium Pendidikan Tinggi Peduli Kependudukan Indonesia (PTPK).

“Alhamdulillah ini merupakan salah satu cara untuk mengenal BKKBN, karena kami telah menginisiasi pembentukan Konsorsium PTPK yang akan bersinergi dalam program-programnya maupun dengan BKKBN untuk mengatasi permasalahan atau permasalahan masyarakat di Indonesia,” kata Muryanto dalam sebuah dokumen yang diperoleh. HIDUP Rabu, 5 Juli 2013.

Prof. Murry menjelaskan, salah satu fokus program kerja konsorsium PTPK adalah masalah penundaan. Selain masalah keterlambatan, ada tiga usulan upaya lain untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem, yaitu Pembangunan Bruto dan Kependudukan (GDPK) dan upaya pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Maka perguruan tinggi hadir untuk mencari solusi melalui program-program strategis dalam bidang teknik pengabdian dan penelitian yang sejalan dengan prinsip Tri Dharma perguruan tinggi untuk mengatasi empat tantangan tersebut,” kata Prof. murry.

BKKBN sendiri dalam melaksanakan Program Keluarga, Kependudukan, dan Pembangunan Keluarga (Bangga Kencana) serta mempercepat pengurangan backlog, membentuk jaringan kemitraan pentahelix dengan lintas sektor, salah satu mitranya adalah perguruan tinggi.

Selanjutnya, BKKBN dan Kemenristekditi memulai pertemuan pembentukan konsorsium pada November 2022 di UNS yang mempertemukan 11 perguruan tinggi se-Indonesia.

Dalam forum tersebut terpilih Rektor Universitas Sebel Maret (UNS) sebagai Ketua Konsorsium PTPK, Wakil Ketua PTPK, Rektor Universitas Hasanuddin, dan Sekretaris Konsorsium PTPK, Rektor Universitas Utara. Sumatera (USU). Profesor Murjanto Amin.

Anggota konsorsium PTPK adalah Universitas Sebel Mareta (UNS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kemudian Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Tadulako, Universitas Padang dan Universitas Mulavarman. Chuck Imin: Insya Allah tahun ini gurunya akan menjadi Presiden RI tahun 2024. Chak Imin mengatakan, jika dirinya dan Anies Baswedan terpilih menjadi Presiden RI, maka manfaat pendidikan dan guru akan menjadi yang utama. di masa depan kabarbinjai.com.co.id 9 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *