Februari 26, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kurang tidur dapat berdampak negatif terhadap produktivitas dan kesehatan fisik. Siapa sangka mengonsumsi buah populer ini setiap malam bisa membantu tidur lebih nyenyak?

Menurut The Sleep Charity, buah yang bisa membantu Anda tidur nyenyak di malam hari adalah pisang. Untuk mencapai efek ini, pisang sebaiknya dimakan sebelum tidur.

Sleep Charity menunjukkan bahwa pisang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena kaya akan magnesium dan potasium. Kedua nutrisi ini diketahui memiliki sifat relaksasi otot.

Selain itu, pisang juga mengandung asam amino triptofan yang merupakan prekursor hormon penenang otak. Mengonsumsi asam amino triptofan dapat memberikan perasaan rileks dan meringankan tubuh.

Konsumsi pisang juga diketahui dapat merangsang produksi melatonin. Seperti yang Anda ketahui, melatonin merupakan hormon yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Hormon ini berperan dalam mengatur pola tidur.

Makan pisang sebelum tidur adalah salah satu dari lima tips tidur malam yang nyenyak dari The Sleep Charity. Selain mengonsumsi pisang sebelum tidur, The Sleep Charity juga merekomendasikan mengonsumsi anggur, ceri, dan stroberi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Antioksidan dalam Kesehatan dan Penyakit, anggur, ceri, dan stroberi juga dikenal sebagai sumber melatonin. Oleh karena itu, konsumsi ketiga buah ini juga dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *