Maret 2, 2024

Kota Tangerang – Kementerian Agama RI kembali menggelar Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) Taman Kanak-Kanak (TK). Acara tahun ini mengangkat tema “Bersikap Rendah Hati Sejak Awal”.

Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menyambut baik dan mendukung perayaan masa kanak-kanak ini. Ia berpesan agar segala sesuatunya dipersiapkan secara matang.

Sebab menurut Dirjen, direktorat PAI sebenarnya merupakan etalase atau jendela Kementerian Agama di lembaga pendidikan sekolah negeri. Jadi, Anda harus memberikan layanan yang lebih baik.

Kang Dhani, sapaan akrab Direktur Edukasi Masyarakat, menjelaskan penguatan moderasi beragama menjadi salah satu perhatian utama Menteri Agama dan menjadi program prioritas Gus Men.

“Tema ini mencerminkan tekad Kementerian Agama untuk membekali anak TK dengan moderasi beragama sedini mungkin dan sejak dini,” kata Dirjen dalam siaran persnya, Sabtu, 23 September 2023.

Sementara itu, Direktur PAI Amrullah menilai tema moderasi sejak kecil memiliki relevansi yang kuat. Sebab masa kanak-kanak merupakan momen penting dalam menanamkan nilai-nilai dasar dan karakter pribadi, salah satunya adalah nilai moderasi beragama.

“Kami sangat mengapresiasi antusias yang ditunjukkan para peserta dan tutor dalam acara Gebyar PAI TK ini. Pelatihan dan bimbingan belajar bagi siswa TK pasti membutuhkan usaha yang lebih dibandingkan siswa seusia lainnya,” ujarnya Jumat, 22 September 2023 lalu di Ciledug.

“Saya berharap para siswa dan guru Taman Kanak-kanak peserta dapat mengikuti lomba ini dengan penuh semangat, kebersamaan dan kegembiraan, dengan tetap memperhatikan dan mengikuti petunjuk teknis Gebyar TK PAI,” harap direktur PAI.

Dengan segala keterbatasan dan kesulitan yang ada, Amrullah berharap PAI Gebiar TK dapat berjalan lebih baik dan lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya, “Kami yakin sikap moderasi sejak kecil akan mempengaruhi pandangan mereka. Agama dan keberagaman tertanam dalam diri mereka kelak ketika dewasa. ” ” dia berkata.

Saat ini babak penyisihan Gebiar PAI telah dilaksanakan pada tanggal 21-23. September 2023 di Kota Tangerang, tambah Lelis Suroya Hernietsian, Kepala Subdirektorat PAI PAUD-TK.

Kasubdit Alumni UIN Jakarta melanjutkan, Gebiar PAI TK, akan ada dua kategori lomba yang dipertandingkan, yaitu kategori guru dan siswa. Untuk guru TK terdapat dua divisi yaitu: Lomba Kreasi Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama versi anak.

Bagian Kesiswaan mempunyai dua cabang yaitu: Little Dai (Putra/Putri) dan Pemahaman Buku Pendek (Putra/Putri). “Pemenang babak penyisihan akan kembali unjuk kebolehannya pada babak final Gebyar TK PAI di Tangsel pada awal Oktober mendatang,” jelas Lelis.

Seluruh Kasubdit Direktorat PAI dan Kasubbag TU PAI Solla Taufiq, PTP mengikuti babak penyisihan lomba PAI Kindergarten Festival. Turut hadir pula Juri, Panitera dan Panitia Gebyar PAI TK 2023.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama meraih juara pertama pengelolaan website dan media sosial terbaik. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dietgen Pendis) Kementerian Agama berhasil meraih dua penghargaan terbaik pada kategori terbaik. Administrasi media sosial dan website. kabarbinjai.com.co.id 9 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *