Maret 2, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menguasai pasar lokal. Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat membuka Brilianpreneur UMKM Expo (rt) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

“UMKM kita perlu maju kelas, go digital, go internasional, dan menguasai pasar lokal yang kita miliki karena pasar kita sangat besar. Tapi juga soal pasar ekspor dan pasar dunia. Jangan lupa,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, baru 15,7 persen UMKM Indonesia yang masuk ke pasar ekspor. Jumlah tersebut masih tertinggal dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura yang mencapai 41% dan Thailand 29%.

Selain itu, Jokowi juga mendorong untuk memfasilitasi pembiayaan UMKM. Pasalnya, penyaluran kredit perbankan kepada UMKM saat ini baru mencapai 21% dari total kredit yang ada.

Untuk itu, Jokowi meminta agar regulasi terkait pembiayaan UMKM diperbaiki untuk memberikan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM. Ia mengatakan, penyebaran pinjaman di China dan Jepang sudah mencapai 65% dan di India 50%.

“Saya kira Menteri BUMN nanti bisa bergabung dengan BI dan OJK, ini aturan yang harus diperbaiki karena UMKM kita tidak punya aset agunan, ada agunan, jadi harus dilihat kemungkinannya. Apa janjinya, lihat juga kemungkinannya. Bukan kalau punya agunan tapi prospeknya bagus, pinjamannya juga harus bisa,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar pelaku UMKM terus memperhatikan permintaan dan tren pasar. Oleh karena itu, produk UMKM diharapkan dapat memenuhi selera pasar dan tidak ketinggalan zaman.

“Saya tidak bosan-bosannya mengingatkan, untuk memulai produk UMKM, kita harus selalu melihat permintaan pasar, melihat permintaan, melihat tren pasar, melihat selera pasar, seperti masalah warna, desain. , masalah, masalah pengemasan. . , Setiap tahun harus selalu berbenah, harus selalu berbenah agar produk yang dihasilkan tetap up-to-date dan mampu memenuhi selera pasar saat ini, jelas Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *