Maret 2, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mencatat terjadi letusan yang memuntahkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter di Gunung Ibu yang terletak di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara.

Petugas pos pengamatan Gunung Ibu Efreta Lucy Andriani Saragigh mengatakan, ledakan terjadi sekitar pukul 11.17 WIB yang terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 90 detik. Kolom abu terpantau berwarna abu-abu dengan intensitas padat di arah tenggara, kata Efrata dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (12/7/2023).

Menurut PVMBG, tingkat bencana Gunung Ibu masih berada pada level 2 atau waspada.

Masyarakat di sekitar gunung berapi diimbau tidak melakukan aktivitas dalam radius 2,0 km dan perluasan sektor 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara kawah aktif Gunung Ibu.

Jika abu turun, masyarakat yang bekerja di luar ruangan diimbau menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Sejak 1 Januari hingga 7 Desember 2023, Gunung Ibu tercatat mengalami 60 kali erupsi.

Gunung Ibu merupakan gunung stratovolcano setinggi 1.325 meter yang terletak di barat laut Pulau Holmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah gunung berapi. Bagian tengah kawah memiliki lebar 1 km dan kedalaman 400 m, sedangkan bagian luarnya lebar 1,2 km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *