Maret 2, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah perkotaan di Indonesia berpotensi dilanda hujan akibat Siklon Tropis Samudera Hindia Barat 95B, Aceh, Tiongkok ( 30/11/2023 ) .

Saat ini terpantau di sebelah barat Samudera Hindia, Aceh terdapat siklon tropis berkekuatan 95B dengan kecepatan maksimum 20 knot dan tekanan angin minimum 996,4 IhPh. Sistem ini diperkirakan akan membawa curah hujan sedang di wilayah tersebut. Aceh dan Sumut,” kata Juru Bicara BMKG Nurul Fitria dalam keterangannya secara online di Jakarta.

Laman BMKG di Jakarta menyebutkan, prakiraan cuaca Pulau Sumatera memperkirakan akan terjadi badai petir di kota Banda Aceh dan Pekanbaru. Sementara Kota Medan berpeluang hujan sedang, Tanjung Pinang hujan ringan, dan Kota Padang berawan.

Waspadai kemungkinan terjadi badai petir di Kota Jambi dan kemungkinan hujan di Kota Pangkalpinang. Hujan cenderung sedikit di Palembang dan Bandar Lampung, Kota Bengkulu cenderung berawan, ujarnya.

Prakiraan cuaca di Pulau Jawa kemungkinan akan terjadi hujan sedang di kota Serang, Semarang, dan Surabaya. Sementara itu, cuaca di Jakarta kerap berawan.

BMKG mengimbau masyarakat Bandung mewaspadai kemungkinan terjadinya badai petir. Cuaca di Pulau Nusa Tenggara rawan hujan. Waspadai badai petir di Kota Mataram.

Cuaca pulau Kalimantan, waspadai badai petir di kota Pontianak, Banjarmasin, dan Tanjung Selor. Meskipun Palangkaraya biasanya menerima curah hujan sedang, ada kemungkinan hujan turun di Samarinda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *