Februari 26, 2024

Disney telah lama dikaitkan dengan film animasi. Bahkan hingga saat ini sosok tersebut masih lekat dengan Rathouse meski sudah banyak menelurkan film live-action. Namun kartunnya sangat populer.

Selama beberapa dekade, film animasi Disney menghiasi bioskop dengan sukses. Banyak film animasi Disney yang memecahkan banyak rekor bahkan memegang rekor film animasi terlaris sepanjang masa. Sementara itu, banyak film animasinya yang meraup lebih dari satu miliar dolar.

Namun, tidak semua film Disney sukses di box office. Ada banyak dari mereka yang tidak terlalu menjual flips. Faktornya bermacam-macam. Selain waktu rilis yang buruk, boikot, dan pandemi, kualitas cerita juga berdampak buruk. Faktanya, tidak ada film animasi Disney yang melampaui angka $500 juta dalam 4 tahun terakhir. Apa saja film animasi Disney terbaik sepanjang masa? Simak ulasannya di bawah ini!

10. Raya dan Naga Terakhir – 2021

Raya and the Last Dragon adalah upaya Disney untuk merangkul budaya lain dalam alur cerita putri. Raya adalah karakter wanita pertamanya di Asia Tenggara. Sayangnya, meski dirilis dengan suasana yang sama dengan pandemi Covid-19, film ini hanya meraup $130,4 juta dibandingkan anggaran $100 juta.

Raya and the Last Dragon bercerita tentang dunia fantasi bernama Kumandra, tempat manusia dan naga hidup berdampingan. Namun, ketika dunia terancam oleh monster jahat bernama Druon, sang naga mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan umat manusia. Sekitar 500 tahun kemudian, iblis itu kembali dan Raya mencoba menemukan naga terakhir yang menghentikan tindakan Druon.

9. Ke depan – 2020

Di depan adalah resep khas Pixar untuk sensasi dan petualangan. Dengan anggaran $200 juta, film ini dibintangi oleh Chris Pratt dan Tom Holland sebagai pengisi suara. Sayangnya, film tersebut mendapat boikot di beberapa negara Timur Tengah dan dirilis sebelum pandemi. Akibatnya, film tersebut tidak terjual dengan baik dan hanya meraup $142 juta.

Forward bercerita tentang dua remaja bersaudara elf, Ian dan Barley. Mereka melakukan perjalanan untuk menghabiskan hari bersama mendiang ayah mereka. Seperti petualangan seru lainnya, perjalanan Anda dipenuhi dengan peta aneh, rintangan mustahil, dan penemuan tak terbayangkan. Ketika ibu mereka menyadari bahwa anak-anaknya hilang, dia pergi mencari mereka.

8. Semangat – 2020

Spirits memiliki cerita yang menarik dan berpotensi menjadi film klasik Pixar. Sayangnya, film tersebut dirilis di waktu yang salah, yakni di masa pandemi Covid-19. Film ini penuh dengan emosi dan penemuan diri. Dengan anggaran $150 juta, film ini hanya meraup $121 juta di box office. Angka ini tidak mengembalikan investasi awal.

Roh bercerita tentang Joe, seorang guru band SMA. Hidupnya tidak berjalan sesuai harapannya. Gairah sebenarnya adalah jazz, yang ia kuasai dengan baik. Namun ketika dia memasuki dunia lain untuk membantu orang menemukan hasratnya, dia dengan cepat mengetahui apa artinya memiliki jiwa.

7. Temui keluarga Robinson – 2007

Temui Robinson dirilis selama masa transisi setelah akuisisi Pixar oleh Disney. Film ini menandai perubahan dalam animasi Disney. Sayangnya, film tersebut tidak laku. Dengan anggaran produksi sebesar $150 juta, film ini hanya meraup $169,3 juta.

Temui Robinson adalah kisah Lewis, seorang anak jenius yang mencoba memulihkan penemuan terbarunya yang dicuri oleh pria bertopi. Seorang pengelana bernama Wilbur Robinson tiba-tiba muncul dan membawa Lewis ke dalam mesin waktu. Kedua anak laki-laki itu menghabiskan hari bersama keluarga Wilbur yang aneh di masa depan dan menemukan rahasia yang mengejutkan.

6. Rencana Perbendaharaan – 2002

Treasure Tour langsung menjadi hit setelah dirilis di bioskop. Ketika dibuat, itu adalah film animasi 2D termahal yang pernah dibuat, dengan biaya $140 juta. Sayangnya, film tersebut tidak meraih kesuksesan di box office. Film ini hanya meraup $110 juta, angka yang hampir tidak menutupi anggaran produksinya.

Treasure Planet menceritakan kisah Jim Hawkins yang berusia 15 tahun. Temukan petanya lalu lakukan petualangan luar angkasa. Film ini memadukan fiksi ilmiah dengan petualangan dan tidak diterima dengan baik oleh publik.

5. Cahaya – 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *