Maret 2, 2024

JAKARTA – Seluruh mahasiswa baru wajib memperhatikan syarat dan ketentuan SNBP 2024. Ini merupakan jalur masuk bagi mahasiswa berprestasi akademik berprestasi.

Ketua tim penanggung jawab Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPMB) prof. Ganefrey mengatakan, kuota prestasi berbasis seleksi nasional (NSBP) pada tahun 2024 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 20 persen.

Khusus untuk SNBP, seleksinya didasarkan pada nilai akademik atau nilai akademik lain yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Dari segi pendanaan, pemerintah menanggung semuanya secara gratis untuk jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi,” ujarnya saat peluncuran SNPMB 2024 melalui YouTube SNPMB BPPP pada Jumat (12/08/2023).

Baca Juga: Resmi, Ini Jadwal Pendaftaran SNBP dan SNBT 2024.

Berikut ketentuan SNBP 2024 yang perlu diketahui mahasiswa baru dari laman SNPMB BPPP.

Ketentuan umum SNBP 2024

1. Seleksi SNBP dilakukan melalui penelusuran akademik dengan menggunakan catatan dan prestasi akademik dan ekstra akademik peserta didik.

Laporan yang digunakan adalah sebagai berikut:

– Semester satu sampai lima untuk SMA/SMK/MA dengan masa studi tiga tahun; atau

– Semester satu sampai dengan semester tujuh untuk sekolah profesi dengan masa studi empat tahun.

– Prestasi akademik dan ekstra akademik mahasiswa yang dimasukkan dalam penilaian merupakan tiga prestasi terbaik.

2. Sekolah harus memiliki Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN). Selain itu, Anda harus melengkapi pencatatan siswa yang memenuhi syarat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) secara lengkap dan akurat.

3. Untuk melengkapi PDSS, sekolah harus memiliki akun SNPMB sekolah terlebih dahulu, sedangkan siswa harus memiliki akun SNPMB siswa untuk pendaftaran SNBP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *