Maret 4, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo selalu mendorong Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) untuk membangun lingkungan bagi usaha kecil, kecil, dan menengah (UMKM). Himbara, kata dia, diharapkan dapat mempermudah akses pasar dan pembiayaan bagi UMKM.

“Khusus BRI (Bank Rakyat Indonesia), untuk memastikan kita membangun lembaga bagi perusahaan UMKM. Dimana ada uang dan akses pasar untuk bantuan, itu yang utama kita pegang, Pak (Presiden) lihat ke tahun 2019, kita pegang karena selalu sampai hari ini,” ujarnya di hadapan Jokowi saat membuka BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Ia menambahkan, selama empat tahun terakhir atau 2019, Himbara telah berhasil mendukung lingkungan UMKM. Kini melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, lanjutnya, ada 700 UMKM yang ikut serta.

“Anda bisa melihat kata Brilianpreneur bersinar seperti berlian,” kata Erick.

Sejauh ini, kata dia, Himbara telah mendorong sekitar 30 juta pelaku UMKM untuk bergabung dengan sistem digital, selain memberikan peluang untuk mendapatkan uang.

Lebih lanjut, total pendanaan Himbara yang dialokasikan untuk UMKM mencapai Rp1,6 miliar hingga September 2023. Erick mengatakan BRI membagikan 83 persennya.

Kementerian BUMN, lanjutnya, juga mendorong Himbar lain untuk menggalang dana bagi UMKM.

“Presiden selalu menasehati kita, menjaga rakyat kecil, dan melindungi UMKM. Ini bukti nyata pemerintah hadir dan bekerja dengan baik untuk masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Perlu diketahui, acara BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR akan diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 10 Desember 2023 sebagai salah satu upaya memfasilitasi bisnis antara UMKM Indonesia dengan nasabah luar negeri. Melalui program ini diharapkan dapat mengembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor dalam negeri.

Tahun ini merupakan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang ke-5. Temanya adalah Membangun Koneksi Global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *