Maret 3, 2024

JAKARTA – Dua dosen komunikasi Universitas Gazi Development Jakarta (UPNVJ) memberikan kuliah kepada mahasiswa pascasarjana Departemen Jurnalisme Global Fakultas Filologi Universitas RUDN (Universitas Persahabatan Rakyat Rusia). Kegiatan ini merupakan implementasi dari kegiatan pertukaran dosen yang sudah ada antara kedua kampus.

Dua orang dosen UPNVJ, S. Bekti Istiyanto yang juga Dekan FISIP UPNVJ, memberikan materi dengan topik “Komunikasi untuk Penyelesaian Konflik Sosial Budaya, Studi Kasus Peran Komunikasi Antarbudaya di Indonesia”.

Kemudian, Ketua Departemen Ilmu Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith, Prof. Ia menyampaikan materi tentang “Sistem Media di Indonesia” pada mata kuliah Ekonomi Media yang diampu oleh Valerii Muzykant.

Baca Juga: Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Delegasi Senior UPN Jakarta Kunjungi UNN Rusia

Potensi konflik sosial yang timbul dari perbedaan etnis dan permasalahan ekonomi, khususnya konflik horizontal, bisa jadi efektif. Misalnya, pelajar dari Rusia, China, Bangladesh, dan Irak juga mengalami permasalahan yang sama. 1.300 etnis yang ada di Indonesia bisa menjadi sumber konflik. Suatu permasalahan yang menimbulkan perpecahan jika tidak dikelola dengan baik,” kata Bekti, Minggu (26/11/2023).

Sementara itu, Munadhil dalam paparannya menjelaskan bahwa internet dan media sosial juga menjadi tantangan saat ini. “Ketergantungan pada koneksi dan ponsel pintar mengubah perilaku interaksi sosial antar manusia. Misalnya saja salah menyampaikan pernyataan kepada rekan kerja, orang tua, atau guru dapat menimbulkan berbagai kesalahan persepsi bahkan berujung pada konflik,” ujarnya.

Kegiatan pertukaran dosen dalam rangka pelaksanaan studi dilaksanakan oleh Kelas Magister Komunikasi UPNVJ, dosen Jurusan Komunikasi Massa RUDN University, Prof. Valerii Muzykant. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada mata kuliah komunikasi, budaya dan media digital pada semester ganda semester ganjil 2022/2023.

Baca Juga: Kenalkan Pembelajaran Digital, Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UPNVJ Kunjungi SEAMOLEC

Kerjasama dosen FISIP UPNVJ dengan RUDN University juga telah menghasilkan lebih dari 10 publikasi dalam bentuk book chapter dan monografi. RUDN University merupakan salah satu kampus terbaik di Rusia dan menduduki peringkat ke-7 di Rusia dan ke-295 dunia dalam QS World University Rankings 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *