Maret 4, 2024

Las Vegas – Dua raja, satu takhta, tanpa ampun. Inilah gelaran Tinju Dunia yang disiarkan langsung di tvOne pada Sabtu malam (30 September 2023) dari T. Mobile Arena di Las Vegas, Nevada, AS atau Minggu pagi 1 Oktober 2023 WIB.

Kelas Menengah Super (WBC, WBA, IBF, WBO dan di atas ring) juara dunia bertahan Saul Canelo Alvarez akan ditantang oleh Kelas Menengah Junior/*Kelas Welter Super (WBC, WBA, IBF, WBO, Boxing Ring). Keduanya akan bersaing di Kelas Super Menengah. Artinya Charlo sudah naik dua level dan bisa menantang Canelo.

Awalnya, Canelo dijadwalkan menghadapi Jermell Charlo, saudara kembar Jermell, yang juga tercatat sebagai Juara Dunia Kelas Menengah WBC. Namun, pertandingan tersebut dibatalkan dua kali karena kesulitan pribadi Jermall. Di saat yang sama, Jermall sendiri sebenarnya sepakat untuk bertemu dengan juara dunia kelas menengah WBO sementara Tim Tszyu dari Australia.

King vs King Canelo atau Cinnamon, 63 pertarungan, 59 kemenangan, 39 kemenangan KO/TKO, 2 kekalahan, 2 seri. Charlo, pada saat yang sama, 37, 35 (19)-1-1. Keduanya mempunyai penampilan yang luar biasa dan sama-sama dijuluki “Sang Raja”.

Petinju asal Jelisco Guadalajara, Meksiko ini melakukan debut tinju profesionalnya dengan mengalahkan Abraham Gonzalez dengan KO-4 (29 Oktober 2005).

Sabuk kelas welter di negara bagian Jalisco, Meksiko barat, adalah gelar pertama yang ia menangkan. Canelo meraih poin (31/8/2007). Setelah promosi ke WBA Central American Championship (18 April 2008), prestasinya mulai semakin impresif. Setahun kemudian, Canelo meraih gelar NABF (Amerika Utara).

Pecinta es krim ini sudah tujuh kali mempertahankan gelarnya dengan merebut gelar kelas welter ringan WBC TKO-6 atas Luciano Lionel (10/7/2010).

Namun, setelah sembilan kali mempertahankan gelarnya, langkahnya terhenti. Floyd Mayweather Jr.Can (14/9/2013).

Masih tampil perkasa, Canelo lebih baik dibandingkan Oscar De La Hoya, Victor Ortiz, dan Marcos Maidana yang tenggelam usai dihajar Mayweather. Hanya butuh tiga kali break, dan pada pertarungan keempat atau ke-48 dalam perjalanannya, Canelo kembali merebut posisi yang ditinggalkan Mayweather. Ia mengalahkan Miguel Cotto dengan poin (21/11/2015).

Canelo memulai penyatuan gelar WBC-WBO setelah mengalahkan Liam Smith KO-9 (17/2016). Kemudian pada pertarungan keduanya dengan Gennady Golovkin (17 September 2018), gelarnya ditingkatkan menjadi WBC/WBO/WBA/IBF dan gelar tinju. Di laga terakhir, kedua kubu berakhir imbang.

Tampak muak dengan pukulannya, Canelo naik ke kelas ringan untuk menantang juara bertahan Dmitry Bivol. Namun pada game ke-51, Canelo kalah.

Banyak pengamat yang menyebut karier Canelo akan berakhir setelah kekalahan tersebut. Tapi bukan Cinnamon jika dia mengabaikan analisis ahli. Ia membuktikan dirinya berhasil meraih kemenangan dan mampu mempertahankan gelar aslinya di kelas menengah super (17/92022). Dalam 63 pertarungan terakhir, Canelo kembali mengalahkan Cohen Ruard (5 Juni 2023).

Kembarannya adalah Jermall Iron Charlo. Debut tinju profesionalnya (12 Agustus 2007) dimulai dengan kemenangan poin atas Corey Sommervile.

Dia mengalahkan Harry Joe Yorgey dengan KO-8 untuk memenangkan gelar kelas welter profesional WBC Kontinental Amerika pertamanya (26 Januari 2013). Tiga tahun kemudian, Charlo meraih gelar WBC dan mengalahkan John Jackson dengan TKO-8 di divisi yang sama (21/5/2016).

Namun, ia dikalahkan oleh Tony Harrison dan kehilangan satu poin (22/12/2018). Banyak pengamat pada saat itu tidak dapat memahaminya. Pasalnya, Harrison bukanlah lawan yang istimewa.

Tak ingin hidup dalam ketidakpastian, Charlo kembali merebut gelarnya melalui laga ulang yang dimenangkan Harrison dengan KO-11 (21 Desember 2019). Kemudian Charlo memenangkan kejuaraan dunia nyata setelah KO-8 (26 September 2020) dan menerima seluruh sabuk juara (WBC/WBA/IBF/WBO, dan ring setelah KO-8) Jason Jeison Rosario.

Charlo memenangkan dua pertarungan terakhirnya dengan poin dan KO (17/7/2021) dan (14/4/22). Dengan kemenangan ini, Charlo menjadi raja.

Ada banyak juara dunia tinju profesional, dan banyak ayah serta anak yang menjadi juara dunia. Namun petinju kembar seperti Jermell dan Jermall belum menjadi juara dunia.

Pertanyaannya, seberapa besar peluang Charlo untuk menang?

Penulis: M. Nigara (Reporter Tinju Senior, Komentator Tinju tvOne)

Mike Tyson masih hidup dan kebohongan tentang kematiannya tersebar di media sosial. Mike Tyson dikabarkan meninggal. Berita itu membuat media sosial heboh. Tentu saja berita yang tersebar tersebut tidak benar dan bukan hoax. kabarbinjai.com.co.id 8 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *