Maret 2, 2024

kabarbinjai.com Edukasi – Palestina saat ini menjadi pusat perhatian dunia yang masih terus berlanjut hingga saat ini akibat serangan pasukan Zionis Israel. Ada banyak negara mayoritas Muslim yang berbatasan langsung dengan Israel.

Dari namanya, mereka semua pernah terlibat konflik bersenjata di masa lalu. Israel adalah sebuah negara di Asia Barat. Melihat ke belakang, mereka mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka untuk pertama kalinya pada tahun 1948.

Di wilayahnya, Israel memiliki banyak perbatasan dengan negara lain di dunia. Di antara banyak negara tersebut, beberapa di antaranya adalah negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam: 1. Lebanon

Senin 20 November 2023 Laporan Britannica Lebanon berbatasan dengan Suriah di utara dan timur serta Israel di selatan.

Perbatasan Lebanon dengan Israel membentang sekitar 79,1 kilometer di sepanjang bagian selatan wilayahnya. Jika kita menengok ke belakang, perbatasan ini didirikan pada tahun 1949 sebagai bagian dari perjanjian pasca perang Arab-Israel.

Daerah perbatasan antara Lebanon dan Israel dikenal juga dengan sebutan ‘Garis Hijau’. Namun perbatasan ini tidak berlaku secara resmi sebagai perbatasan resmi kedua negara. Belakangan ini, perbatasan antara Lebanon dan Israel terlihat sangat memanas.

Hal tersebut tidak lepas dari ketegangan antara kelompok militan Hizbullah dan pasukan Tel Aviv. Seperti diketahui, Israel dan Hamas pernah berperang sebelumnya. Hizbullah di Lebanon juga mengancam Israel dengan dalih solidaritas terhadap rakyat Palestina. Suriah

Suriah berbatasan dengan Israel di bagian timur laut wilayahnya. Mengutip World Atlas, panjang perbatasannya adalah 77 mil. Hubungan antara Israel dan Suriah telah lama tegang.

Setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967, terjadi pembicaraan antara kedua negara. Di satu sisi, Suriah ingin merebut kembali Dataran Tinggi Golan yang sebelumnya ditaklukkan. Sementara itu, Israel meminta pengakuan dan hubungan damai dengan Suriah.3. Mesir

Berikutnya adalah Mesir. Dilihat dari sejarahnya, negara ini juga mempunyai sejarah konflik dengan Israel, termasuk beberapa perang besar.

Perbatasan antara Mesir dan Israel dimulai pada segitiga (garis Gaza-Israel-Mesir) di selatan pantai Mediterania. Perbatasan tersebut berakhir ketika mencapai Teluk Aqaba di pantai timur Semenanjung Sinai. Ada hal menarik di perbatasan Mesir dan Israel.

Ada tembok pertahanan setinggi 152 kilometer. Pagar tersebut dibangun oleh pemerintah Israel. Tujuannya untuk mengendalikan masuknya imigran ilegal dari negara-negara Afrika.4. Yordania

Seperti banyak negara Arab, Yordania memiliki sejarah konflik dengan Israel. Terjadi konflik antara keduanya pada tahun 1948 hingga 1990.

Namun seiring berjalannya waktu kedua negara akhirnya memutuskan untuk berdamai. Dalam salah satu perjanjian saat ini, perbatasan resmi antara Yordania dan Israel ditentukan tepatnya di bagian timur dan tenggara.5. Palestina

Tepi Barat dan Jalur Gaza merupakan wilayah sengketa antara Palestina dan Israel. Dalam hal ini, keduanya sama-sama mengaku milik kawasan tersebut.

Setelah Perang Arab-Israel tahun 1967, Israel mulai mengklaim kendali atas wilayah tersebut. Hingga saat ini sering terjadi bentrokan. Tentara Israel mengolok-olok korban ledakan Marabi Netizen langsung bereaksi terhadap fitnah. Unggahan mendadak tersebut pun langsung dibanjiri hujatan dari netizen Tanah Air. kabarbinjai.com.co.id 8 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *