Maret 2, 2024

JAKARTA – Pemakaman Wadi Al-Salam di Najaf, Irak, merupakan pemakaman terbesar di dunia. Ini adalah tempat peristirahatan lebih dari 6 juta orang. Meliputi lebih dari 1.500 hektar, pemakaman ini mencakup 13 persen wilayah Najaf dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Dikutip The Sun, Rabu (22/11/2023), Wadi Al-Salam memiliki arti Lembah Damai, namun sejarah kawasan ini jauh dari kata damai. Selama Perang Irak, hingga 250 mayat dilaporkan dikuburkan di sini setiap hari.

Pemakaman ini juga pernah menjadi lokasi pertempuran bersenjata pada konflik antara pasukan militer AS dan Tentara Mahdi pada tahun 2004. Saat ini Irak masih terlibat konflik melawan ISIS dan permintaan pemakaman terus meningkat.

Pemakaman ini sangat sakral bagi umat Islam karena dekat dengan Masjid Imam Ali yang berisi makam sahabat Ali Bin Abi Thalib, sepupu sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW.

Wadi Al-Salam adalah salah satu pemakaman Muslim tertua, dengan proses penguburan dimulai lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Banyak orang penting yang dimakamkan di sana, termasuk anggota keluarga kerajaan dan sultan.

Harga tanah terendah di Al-Salam adalah £240, belum termasuk biaya nisan khusus. Kurangnya ruang telah menyebabkan penggunaan kembali situs pemakaman lama. Makam yang ada berbeda-beda kondisi dan ukurannya tergantung pada periode dan golongan orang yang dikuburkan.

Makamnya dibangun dengan dinding batu bata dan plesteran, ada juga makam yang dilapisi batu nisan marmer. Lalu ada juga penguburan di ruang bawah tanah seukuran ruangan. Ruang bawah tanah dapat diakses melalui tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *