Maret 3, 2024

Jakarta – Pemerintah sesuai dengan Keputusan Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 menetapkan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas atau operasional. Hal ini menyebabkan banyak lembaga pemerintah mulai beralih ke kendaraan listrik bertenaga baterai.

Langkah ini dilakukan Dinas Kebudayaan (Disbus) Kabupaten Badung, Bali yang sudah mulai menggunakan sepeda motor listrik. Sebanyak 210 unit sepeda motor listrik United E-Motor disumbangkan PT Terang Dunia Internusa (TDI) kepada Disbud Badung Bali.

Nantinya, sebanyak 210 unit sepeda motor listrik United E-Motor T1800 akan diberikan kepada warga pedesaan di Kabupaten Badung. Yang terdiri dari 6 kecamatan, sepeda motor listrik diharapkan dapat membantu menggerakkan tugas sehari-hari.

Menurut KBBI, Pekaseh adalah pejabat yang mengelola sistem irigasi (subak), seperti mengatur distribusi air dan memperbaiki saluran air. Oleh karena itu, ia memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Untuk pengadaan 210 unit sepeda motor listrik T1800, PT TDI menggandeng distributor United E-Motor PT Sentrik Persada dalam pembelian tersebut. General Manager PT TDI Andry Dwinanda optimistis dengan perkembangan sepeda motor listrik di Tanah Air.

“Proyek pemerintah seperti ini akan membantu penyebaran sepeda motor listrik di masyarakat. Untuk menciptakan ekosistem EV yang bermanfaat “Kami yakin sepeda motor listrik dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Andry dalam keterangan resmi.

Seperti kita ketahui bersama, pemerintah terus menggalakkan penggunaan sepeda motor listrik dengan mengeluarkan beberapa kebijakan. Pemerintah baru-baru ini mengubah ketentuan pembelian sepeda motor listrik baru dengan subsidi sebesar R7 juta, yang kini hanya membutuhkan satu NIK KTP per kendaraan.

Karena kondisi sudah berubah Jumlah pembeli sepeda motor listrik penerima subsidi Rp7 juta pun meningkat, seperti dilansir laman SISAPIRa, tercatat penjualan sepeda motor listrik sebanyak 4.148 unit.

Sedangkan 6.373 pengguna sedang dalam proses pendaftaran. Dan terkonfirmasi sebanyak 2.660 subsidi per 20 November 2023. Kuota subsidi Rp7 juta untuk sepeda motor listrik baru tetap sebanyak 186.819 unit.

Subsidi Rp7 juta untuk pembelian sepeda motor listrik baru hanya berlaku hingga 15 Desember 2023, sebelum APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2023 ditutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *