Maret 2, 2024

MOSKOW – Satelit Kosmos-2570 Rusia dan modul luar angkasa bernama Matryoshka ditemukan terlempar oleh dua benda misterius. Amerika Serikat (AS) yang mengetahui aktivitas tersebut, mengidentifikasi kedua benda misterius tersebut sebagai perangkat militer.

Para ahli dari perusahaan AS LeoLabs meluncurkan Objek C pada 30 Oktober 2023 dan menemukan satelit mirip boneka yang bersarang. Kemudian dibuat entitas baru yang dikenal sebagai Objek D pada 23 November 2023.

AS kesulitan memisahkan dan menganalisis objek-objek terisolasi tersebut dari satelit Rusia. Namun, AS menyebut kehadiran kedua objek tersebut sangat mengganggu pengoperasian satelit lainnya.

“Saat ini, sifat objek C dan D masih dirahasiakan, begitu pula media Rusia, termasuk Jaringan Luar Angkasa Rusia. “Informasi relevan dari sumber Rusia menunjukkan bahwa Kosmos-2570 akan diluncurkan pada 27 Oktober 2023,” tulis laman militer Bulgaria, Minggu (26/11/2023).

Berdasarkan analisis para ahli Rusia, satelit tersebut membawa muatan semi rahasia yang disebut Lotos-S1 atau 14F145. Jaringan Luar Angkasa Rusia menyebut insiden tersebut merupakan yang kedelapan di konstelasi Liana yang melakukan pengawasan elektronik di luar angkasa atas nama pasukan militer Rusia.

Menariknya, ini berarti prediksi pengamat luar angkasa LeoLabs akurat. Kementerian Pertahanan Federasi Rusia mengkonfirmasi muatan misterius tersebut. Mereka mengatakan roket tersebut telah menempatkan “beberapa pesawat ruang angkasa” ke orbit.

Rusia mengumumkan bahwa proses peluncuran akan dilakukan pada 27 Oktober 2023 sekitar pukul 09.00 waktu Moskow. Sebuah roket yang membawa satelit militer berhasil diluncurkan dari Pad 3 hingga Pad 43 di Placenk.

Dengan menganalisis data dari peluncuran konstelasi Leia sebelumnya dan peringatan lalu lintas udara, para ahli dapat memprediksi skenario penerbangan untuk misi ini secara akurat. Setelah beberapa saat melakukan pendakian vertikal, roket dengan cepat mengubah arah ke timur laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *