Maret 4, 2024

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak mengatakan, dirinya dilatih oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2019-2021, purnawirawan Letjen TNI. Jenderal Doni Monardo.

Di mata Maruli, sosok Dona Monardo banyak berbakti kepada bangsa dan negara.

“Sebenarnya saya salah satu yang dilatihnya cukup lama. Hari ini kita kehilangan dia, salah satu tokoh bangsa, yang kiprahnya pasti saya kenal sejak saya masih perwira muda, kata Maruli, sedih Doni Monardo. Jenazah di RS Siloam Semanggi , Jakarta pada Minggu (3/12/2023) malam.

“Beliau banyak mendedikasikan diri untuk negara dan bangsa.” Kepedulian Donnie Monardo terhadap lingkungan

Sepanjang karier Doni Monardo Maroli, ia juga menekankan betapa besarnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya penghijauan.

“Saya sampaikan beliau berbakti kepada keluarga hingga akhir hayat. Kepedulian beliau terhadap lingkungan sangat luar biasa,” jelasnya.

“Itu adalah perjalanan panjang, yang sebenarnya menjadi salah satu panutan yang masih saya pegang di masa depan.”

Donnie Monardo meninggal pada Minggu (12 Maret 2023). Jenazah Dona Monardo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibat, Jakarta Selatan, Senin (12/04/2023).

Upacara pemakaman jenazah Dona Monardo dilakukan sesuai tata cara militer. Panglima TNI Jenderal Agus Subianto bertindak sebagai Pembawa Acara.

Saat prosesi pemakaman, terdengar beberapa peluru kosong yang ditembakkan ke udara. Selain itu, ia juga hadir di tempat tersebut untuk menyerahkan karangan bunga sebagai penghormatan terakhir kepada Wakil Presiden RI ke-6, Jenderal TNI Tri Sutrisno.

Hadir pula di lokasi pemakaman para purnawirawan jenderal lainnya seperti Agum Gumelar, Hendro Priyono, Edi Rahmayadi dan lain-lain.

Sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, jenazah Dona Monardo disemayamkan di rumah duka dan disemayamkan di Mako Kopassus, Sijantung, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyampaikan duka mendalam dan belasungkawa atas meninggalnya mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (Purn) Doni Monardo.

Ya, pertama-tama saya menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas nama saya sendiri dan pemerintah kepada keluarga besar Pak Jenderal Doni Monardo, kata Jokowi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/4). 12/2023). Doa untuk mendiang Donnie Monardo

Jokowi mendoakan mendiang Doni Monardo diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Ia pun mendoakan agar dosa Doni Monardo diampuni oleh Allah SWT.

“Saya berharap arwahnya diterima di sisi Allah SWT, diberikan tempat yang terbaik di sisinya, diampuni segala dosanya,” ujarnya.

Sejumlah menteri lainnya pun menyampaikan belasungkawa dan kehilangan atas meninggalnya Doni Monardo melalui akun media sosial.

Menteri BUMN Erik Thohir mengunggah foto hitam putih dirinya bersama mantan Kepala BNPB Donny Monardo di Instagram story @erickthohir. Ia pun menulis surat perpisahan dan mendoakan Donnie Monardo. Hal ini dimungkinkan untuk dilakukan. Perpisahan dengan sahabat kita, purnawirawan Letjen TNI Donnie Monardo. Semoga Allah Subhanahu memberikan tempat terbaik bagi salah satu anak terbaik bangsa ini. Al Fatihan, tulis Eric.

Selain itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Doni Monardo. Menko Luhut mengunggah foto Donny Monardo dan menyampaikan belasungkawa. Turut berduka cita atas meninggalnya Jenderal Thani Lugan (purnawirawan) Dr. (HC) Danny Marneau 1963-2023. Minggu, 3 Desember 2023. Semoga segala amal doa, ikhlas ikhlas, dan pengabdian yang tiada henti kepada bangsa dan negara mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dikutip dari akun Instagram Menko Lugot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *