Maret 2, 2024

Liputan6.com, Jakarta – Upacara pemakaman Letjen. Jain Poro Doni Monardo akan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia (KSAD) Jenderal TNI Maroli Simanjantak hari ini, Senin, 4 Desember 2023.

Mengutip Antara, Jenazah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2019-2021 akan dilepas dari pemakamannya oleh pihak TNI ke Markas Cjantung Kopassus dengan dikawal inspektur upacara Wakil Kepala Staf TNI. tentara ( Waqas ) ) Letnan Arif Rehman pada pukul 08:00 WIB.

“Sekitar pukul 10.30 WIB, jenazah akan diberangkatkan ke Pemakaman TMP Kalibata bersama Inspektur Upacara, KSAD Jenderal Maroli Semanjantak,” kata Purnawirawan Persatuan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Brigjen TNI (Poran) Bambang Irianto. Di Jakarta, Minggu.

Mantan Kepala BNPB Doni Monardo meninggal dunia pada Minggu, 3 Desember 2023, pukul 17.35 WIB di RS Silwam Semanggi, Jakarta. Sebelum meninggal, Dhoni dikabarkan sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak September 2023.

Sosok Doni Monardo dikenang banyak pihak sebagai sosok yang berintegritas, salah satunya Wakil Presiden (VP) yang akrab disapa Amin.

Wapres sangat menjunjung tinggi integritas beliau sebagai seorang tokoh, sehingga sosok seperti Beliau sangat dibutuhkan negara, kata Juru Bicara Wapres Masduki Bedlawi di Jakarta, Minggu (3/12) malam.

Menurut Masduki, Wapres akan berupaya menyempatkan diri mengunjungi rumah duka mantan Kepala BNPB Doni Monardo pada Senin nanti.

Mantan Panglima TNI (Purn) Ndika Prakasa juga merupakan peniru mendiang Doni Monardo. Bagi Indika, Dhoni adalah sosok yang memiliki pengakuan dan prestasi luar biasa.

Karena Mas Doni adalah orang yang mempunyai pengakuan, prestasi yang luar biasa, sehingga tetap mengabdi, kata Andika, Minggu.

Andika mengaku kehilangan sosok yang pernah menjabat Ketua Satgas Penanganan COVID-19. Ndika mengatakan, Dhoni yang menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Negara periode 2018-2019 merupakan salah satu perwira terbaik di TNI dan TNI AD.

“Kita kehilangan salah satu perwira senior terbaik TNI Angkatan Darat dan TNI,” ujarnya.

Di mata BNPB dan rekan-rekan di Satgas COVID-19, Donnie Monardo dikenal sebagai sosok pemimpin, guru, dan sahabat. Kepemimpinan Dhoni 2 tahun 4 bulan meninggalkan kenangan manis.

Ketika Doni Monardo selesai masa jabatannya sebagai Kepala BNPB dan Ketua Satgas COVID-19, Sekretaris Utama (Sistema) BNPB saat itu, Lilik Kurniawan, mengatakan Doni memberikan banyak contoh dan pembelajaran.

“Pak Doni berkontribusi dan berdedikasi terhadap perkembangan BNPB di Indonesia, khususnya dalam aspek penanggulangan bencana,” kata Lilik pada 25 Mei 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *