Februari 26, 2024

Liputan6.com, Jakarta – Kacang polong merupakan sayuran yang populer di Indonesia. Sayuran ini bisa diolah dan ditambahkan ke berbagai masakan, seperti tumisan dan sup.

Selain rasanya yang segar, kacang-kacangan juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kacang mengandung vitamin A, B, C, zat besi, protein dan mineral yang diperlukan tubuh. Jadi, sayuran hijau ini cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan, bahkan ibu hamil.

Selain itu, kacang-kacangan mempunyai banyak manfaat yang efektif menjaga kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat kacang bagi kesehatan? Sesuai Buku Merah, Senin 4 Desember 2023.

1. Menurunkan berat badan

“Kacang adalah sumber protein nabati dan serat yang sangat baik. “Makanan ini meningkatkan rasa kenyang dan membantu pengelolaan berat badan,” kata pakar nutrisi Frances Largeman-Roth, RDN.

“Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan,” jelasnya.

Makan kacang-kacangan memberi tubuh protein yang cukup, dan sayuran ini juga kaya serat. Serat adalah salah satu cara terbaik untuk melawan sembelit dan memperbaiki pencernaan. Kacang cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet.

Menurut penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Canadian Medical Association, mengonsumsi enam ons buncis dapat menurunkan kolesterol jahat hingga lima persen. Ini mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga enam persen.

3. Mengurangi stres

Menurut ahli gizi Lauren McAlister, RD, kacang-kacangan merupakan sumber magnesium yang baik. Selain itu, kandungan mineral pada buncis membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, dan menyeimbangkan hormon.

“Kandungan magnesium pada buncis yang sengaja ditambahkan ke dalam masakan dapat mengurangi kecemasan dan membantu orang rileks dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” jelas McAlister.

Kacang hijau sangat ideal untuk ibu hamil, karena makanan ini mengandung asam folat yang penting untuk janin.

Folat merupakan salah satu nutrisi yang paling direkomendasikan untuk kesehatan kehamilan karena mendukung perkembangan saraf, kata ahli gizi Serena Poon, RDN.

Sekitar 200 gram buncis memenuhi 18 persen kebutuhan harian ibu hamil. Kacang juga merupakan sumber kolin yang baik, yang penting untuk kesehatan perkembangan otak janin, lanjutnya.

Menurut Poon, buncis merupakan sumber asam lemak esensial yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Itu karena kacang mengandung sekitar tiga persen beta-karoten dan membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas dan sinar UV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *