Maret 4, 2024

kabarbinjai.comh – Doa pengiriman surat al-Fatiha kepada orang mati banyak dilakukan oleh umat Islam. Selain itu, ada juga budaya masyarakat yang diberi nama Tahlila, salah satunya adalah berbarengan mengirimkan surat Al Fatiha kepada orang yang sudah meninggal.

Sontak, masyarakat menjadi tertarik dengan praktik hukum Islam mengirimkan surat al-Fatihah kepada orang yang sudah meninggal. Kemudian Ustaz Syafiq Basalma pun menjawab pertanyaan tersebut.

Pembacaan Al-Fatiha diturunkan agar pahala yang patut diberikan kepada pembacanya adalah pahala orang yang sudah meninggal. Terkait hukum, Ustaz Syafiq Basalma mengatakan terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama.

“Pertanyaan ini dibantah oleh para Ulama. Sebagian ulama mengatakan bahwa membaca itu merupakan suatu anugerah. “Tapi ada ulama lain yang berpendapat tidak demikian,” kata Ustaz Syafiq Reza Basalma seperti dikutip tvOnenews.com.

Ia berpesan agar umat Islam yang tertarik dengan masalah ini memperhatikan dan meneladani tindakan Nabi Muhammad (SAW). Menurutnya, banyak riwayat yang menyebutkan Nabi bahkan mendoakan orang meninggal.

“Kalau kita lihat bagaimana Rasulullah, beliau hanya berdoa. Seperti saat salat jenazah. “Kami membacakan takbir pertama al-Fatihan dan tidak mengirimkan teksnya kepada almarhum,” ujarnya.

“Kami mendoakan takbir kedua untuk Nabi, kami tidak mengirimkannya kepada almarhum, kami hanya membacakannya. Takbir ketiga di sini termasuk salat,” jelas Ustaz Syafiq Reza Baslama.

Ia juga mengatakan, lebih tepat mendoakan kesejahteraan orang yang meninggal dibandingkan pedoman salat jenazah. Kebaikan itu seperti memohon kepada Allah agar kuburnya diluaskan.

Ayat-ayat Alquran juga bisa dibacakan setelah salat jenazah. Memahami maknanya memudahkan untuk menyesuaikan diri dengan doa-doa yang diwajibkan.

“Jadi ini lebih penting dari pada mengirimkan pengajian. “Memang hal ini dibantah oleh para ulama,” pungkas Ustaz Syafiq Reza Baslama. Inallah, Bendahara Umum PKB Noor Yasin meninggal dunia pada Rabu, 6 Desember 2023. Bendahara Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Noor Yasin meninggal dunia. kabarbinjai.com.co.id 6 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *