Maret 4, 2024

Liputan6.com, Jakarta – Pada tahun 2024, libur nasional Idul Fitri 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 jatuh pada 10-11 April 2024. Sedangkan libur nasional Idul Adha 1445 Hijriah dijadwalkan pada 17 Juni 2024.

Selain hari libur nasional tersebut, pemerintah Indonesia juga menetapkan hari libur umum Idul Fitri tahun 2024. Hari libur tersebut merupakan hari libur tambahan dalam rangka merayakan Idul Fitri dan Idul Adha.

Untuk Idul Fitri 2024, seluruh pekerjaan dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024. Sedangkan untuk Idul Adha 2024, istirahat penuh hanya dijadwalkan pada tanggal 18 Juni 2024. Dengan demikian, total libur Idul Fitri 2024 adalah 5 hari.

Tanggal Idul Fitri dan pemberangkatan Idul Fitri 2024 telah dipilih pemerintah Indonesia melalui Surat Perintah Bersama (SKB) 3 Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi yaitu Komando Gabungan. . 855 Tahun 2023, No. 3/2023, dan No. 4/2023.

Penetapan tanggal libur bersama Idul Fitri 2024 bertujuan untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan dan berkumpul merayakan Idul Fitri dan Idul Adha 1445 H.

Yang utama adalah memenuhi tradisi mudik dan berkumpul keluarga di hari raya Idul Fitri. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menciptakan lingkungan yang layak bagi masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dan Idul Adha.

Berikut Liputan6.com cek tanggal dan ketentuan pemberangkatan bersama Idul Fitri 2024, Selasa (5/12/2023).

Pada tanggal 10-11 April 2024, masyarakat Indonesia akan merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah. Momen penting dalam kalender Islam, Idul Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadhan yang penuh berkah. Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa dan bertujuan untuk meningkatkan spiritualitas dan keindahan dalam hidup mereka. Idul Fitri adalah waktu untuk merayakan keberhasilan puasa dan mensyukuri nikmat yang diberikan Allah. 8, 9, 12, 15 April 2024, Libur Idul Fitri 1445 Hijriah

Libur Idul Fitri pada tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024 memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan Idul Fitri dalam waktu yang lama. Memutuskan untuk pergi berlibur bersama pada hari ini memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk merencanakan mudik atau pesta. 17 Juni 2024, Idul Adha 1445 Hijriah

Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024 merupakan hari raya Islam. Idul Adha atau disebut juga Hari Raya Haji merupakan perayaan ketaatan Nabi Ibrahim terhadap perintah Allah untuk membunuh putranya yang digantikan oleh seekor kambing. Hari ini diperingati salat Idul Fitri, kurban, dan pembagian daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan. 18 Juni 2024, Idul Adha 1445 Hijriah berbagi libur

Hari raya dan Idul Adha pada tanggal 18 Juni 2024 merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan Idul Adha dengan sungguh-sungguh. Keputusan untuk libur bersama pada hari ini memungkinkan individu untuk fokus pada pekerjaan ibadah.

Di Indonesia, hari libur nasional dan hari libur nasional berbeda-beda syarat dan pelaksanaannya. Hari libur nasional ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari libur nasional. Hari libur nasional ini mengacu pada hari-hari penting sejarah, budaya, keagamaan atau keagamaan. Merayakan komunitas yang ditentukan oleh hukum.

Misalnya Hari Kemerdekaan Indonesia, Idul Fitri, Idul Adha atau Idul Fitri Tahun Baru. Hari libur nasional merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat hari libur pada hari tersebut.

Sementara itu, cuti bersama merupakan kebijakan tambahan yang memberikan kesempatan kepada pekerja untuk mengambil istirahat tambahan di luar hari libur nasional yang telah ditetapkan. Kebijakan cuti bersama ini dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan untuk menambah waktu cuti menjelang hari libur nasional.

Contoh: Apabila hari libur nasional jatuh pada hari Rabu, maka pemerintah atau perusahaan dapat memberikan hari libur umum pada hari Selasa atau Kamis agar hari libur tersebut lebih panjang.

Pengurangan hak cuti tahunan PNS/PNS sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di masing-masing lembaga/lembaga/lembaga/perusahaan merupakan pelaksanaan cuti bersama sesuai Undang-Undang Kementerian Energi No. 11 / Ny. Hari ke 3 tahun 2022.

Departemen Energi (Kemnaker RI) menjelaskan, kerja sama pihak swasta menjadi salah satu pilihan. Artinya, perusahaan tidak harus mematuhi undang-undang ketenagakerjaan kolektif, dan tidak akan dikenakan sanksi atau denda jika tidak merumahkan pekerja selama hari libur bersama.

Sementara itu, pegawai negeri sipil (ASN) dan pegawai negeri sipil (PNS) tidak dipotong cuti tahunannya, sesuai Perpres No.

Perbedaan utama antara hari libur nasional dan hari libur nasional adalah pemberian waktu istirahat tambahan. Hari libur nasional ditetapkan dan diakui secara resmi sebagai hari libur bagi seluruh warga negara, sedangkan hari libur kolektif merupakan kebijakan tambahan yang diberikan oleh pemerintah atau perusahaan untuk menambah waktu liburan.

Penyelenggaraan hari libur dan hari libur nasional dapat mempengaruhi perekonomian, pariwisata, dan kegiatan sosial masyarakat. Smart time off dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan memberikan waktu istirahat yang lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *