Maret 2, 2024

Malang – Program Penelitian Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tetap menjadi program studi terpopuler di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Sebelum pengumuman SNMPTN 2023, ratusan calon mahasiswa mendaftar dan mengikuti proses penerimaan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM.

Tahun ini, Komunikasi UMM resmi menerima Program Pelatihan Terakreditasi Internasional FIBAA yang berpusat di Jerman. Sertifikat Akreditasi diterima pada Selasa 4 Juli 2023. Ia menyelesaikan mata kuliah Komunikasi UMM setelah dinobatkan sebagai Pemegang Sertifikat AUN QA CV 2021.

Komunikasi UMM tidak boleh dilewatkan. Selain akreditasi internasional, berikut empat alasan Komunikasi UMM menjadi pilihan terbaik.

Pertama, ditandai dengan komunikasi kreatif digital. Tiga program studi Komunikasi UMM: Hubungan Masyarakat, Jurnalistik dan Komunikasi Audiovisual menekankan pada komunikasi kreatif digital kontemporer.

“Kami berharap lulusan semakin dibekali kemampuan teknis dan kreatif, namun juga sumber daya keilmuan akademik yang memadai,” ujar Nasrullah, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMM.

Kedua, penerapan kurikulum berbasis hasil (Result-Based Education/EFC). Dalam kurikulum 2023, OBE akan diterapkan dengan baik melalui konten praktis, proyek kreatif yang dapat diterima secara sosial, serta penyelesaian masalah dunia nyata dengan mitra dari industri, bisnis, dan pekerjaan. masyarakat dan industri.

Kurikulum ini memungkinkan siswa untuk menyelesaikan studi mereka secara kreatif di luar bidang tesis. Jalur kerja kreatif ini bisa menjadi kelanjutan dari praktik sebelumnya.

“Sedikitnya ada sembilan sesi praktik yang melibatkan mahasiswa baik di lab maupun di lapangan. Hasil karya mereka akan menjadi portofolio yang baik untuk menghadapi dunia kerja di masa depan,” ujar Vidya Yuthanti, kepala Lab Komunikasi UMM.

Ketiga, sejak tahun lalu, Komunikasi UMM telah memiliki Center of Excellence (CoE) atau School of Creative Digital Communications (SCDC). Program unggulan COE ini merupakan jalur MBKM khusus bagi mahasiswa semester lima untuk mengikuti kelas khusus bersama mitra industri dan memperoleh magang pada semester berikutnya. Program lainnya adalah kursus mini yang terbuka untuk umum.

“Program ini memungkinkan mahasiswa lulus dengan keterampilan dan pengalaman di dunia komunikasi digital kreatif,” kata Vidya yang ditunjuk sebagai Direktur SCDC.

Terakhir, lulusan dan lulusannya tersebar di berbagai sektor dan negara berbeda. Rekrutmen lulusan Ilmu Komunikasi yang dilakukan UMM membuat mata kuliah ini diminati banyak calon mahasiswa. Betapa tidak, para lulusan dari berbagai daerah diimbau untuk tidak meragukan kurikulum yang kini telah berusia 37 tahun ini.

“Karier saya sebagai jurnalis dimulai di kota ini. Kuliah dan kerja paruh waktu di kampus memberi saya keyakinan bahwa saya bisa mengembangkan karir dengan baik,” ujar David Rizal, lulusan Ilmu Komunikasi UMM yang kini menjadi pembawa berita dan produser di Liputan6 SCTV.Analisis Public Speaking, Gibran untuk Debat Cawapres Dianggap Mungkin. Dalam perdebatan jangka pendek, orang-orang dengan potensi terbesar selalu menjadi pihak yang angkat bicara. Demikian disampaikan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raqa kabarbinjai.com.co.id 3 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *