Maret 1, 2024

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Khalil Kumas meluncurkan slogan peringatan Hari Santri 2023 dengan slogan “Jihad Santri Jayakan Nigeria”, dan peluncuran slogan serta tema tersebut dilakukan di Aula Baginda Rasgidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Ketua Komite Kedelapan saat ini adalah Ashboul Al-Kahfi, perwakilan organisasi Islam. Kepala pondok pesantren dan santri pendidikan agama Islam, pegawai Kementerian Agama tingkat pertama, kedua, dan ketiga serta pejabat khusus dan tenaga ahli yang terafiliasi dengan Kementerian Agama.

“Pada HUT tahun ini, Menteri Agama Yakut di Jakarta mengatakan, ‘Kami akan membawa semangat jihad, Santri Gayagan Negeri.’ Katanya, Jumat (6/10/2023)

Ia menambahkan: “Melalui slogan ini, kami mengajak para mahasiswa untuk terus memperjuangkan kebanggaan bangsa dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital.”

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Kipris) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Santry merujuk pada keputusan jihad yang dikeluarkan Kh. Hashim Asari pada tanggal 22 Oktober 1945. Resolusi ini menyerukan komitmen melakukan jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan kekuatan kolonial. Puncaknya adalah perlawanan pada tanggal 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Menurut Menag, persoalan Jihad Santri Jayakan Nigeria dapat dijelaskan secara historis dan kontekstual. Secara historis, topik tersebut menjadi pengingat bahwa santri mempunyai peran penting dalam perjuangan dan pemeliharaan kemerdekaan Indonesia.

“Hari Perdamaian yang diperingati pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya mengacu pada Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Jiai Hashem Al-Asyari.Resolusi Jihad ini berisi seruan kepada seluruh masyarakat untuk berjuang guna menolak dan melawan penjajah.” Gus Min, sapaan akrabnya, menegaskan.

Konon melawan penjajah adalah tugas setiap orang (fard ain) bagi mereka yang berada 94 km dari posisi musuh, kata pria asal Rembang, Jawa Tengah ini.

Dalam konteks ini, Jihad Santri Jayagan Nigeria menegaskan agar Santri terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan negara. Gus Min mengatakan, makna kontekstual jihad tidak berlaku bagi dirinya. Hal ini selalu identik dengan perjuangan bersenjata.

“Jihad Santri adalah jihad intelektual. Santri adalah yang melawan kebodohan dan keterbelakangan. Santri juga berjuang dan berperan di era transformasi digital,” tuturnya.

“Santri adalah teladan dalam menjalankan jihad ini. Dengan buku sebagai senjatanya dan pulpen sebagai batang hikmahnya. rahmat bagi dunia,” tegasnya.

Ada juga jihad di bidang ekonomi, dan mahasiswa harus berdiri di garis depan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Jos Mayne. Mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Termasuk jihad politik. Mahasiswa Islam harus menjadi teladan ke arah demokrasi dalam memilih pemimpin yang terbaik dan rasional. Jangan memilih pemimpin ambisius yang suka menggunakan identitas politik dalam kampanye pemilu.

“Tren politik tahun depan saya harap mahasiswa kuat dan bersatu. Dia menekankan “menjaga ketenangan dan persatuan dan menjauhi orang-orang yang menggunakan agama untuk tujuan praktis.”

Arti dan filosofi logo

Logo peringatan San Francisco tahun 2023 menampilkan gambar dan simbol berupa bendera merah putih dan api yang menyala-nyala. Grid digital, empat pilar, titik kuning di atas empat pilar, simbol huruf timbul dan garis tinta, serta logo didesain dalam lima warna: merah, putih, hijau, oranye, dan biru.

Inilah makna dan filosofinya:

1. Bendera merah putih dan api yang menyala-nyala, mengandung makna semangat kebangsaan dan salah satu sifat yang melekat pada diri siswa adalah patriotisme (cinta tanah air).

2. Jaringan digital Mengacu pada perubahan teknologi digital. Santri juga terlibat dalam transformasi teknologi digital.

3. Empat Pilar Gambaran ini mengacu pada empat pilar kewarganegaraan: Pancasila, UUD 1945, Bahinika Tunggal, Eka, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

4. Titik kuning pada empat kolom. Artinya, mahasiswa waspada dalam menjaga empat pilar kewarganegaraan.

5. Simbol kaligrafi monastik Bentuk hurufnya menyerupai sumur tinta, melambangkan ilmu pengetahuan.

6. Bekas Tinta Inilah makna Santari Jihad saat ini. Merupakan pengembangan ilmu pengetahuan pesantren dengan kemajuan teknologi demi kebanggaan negara.

Elemen logo hadir dalam lima warna: merah, putih, hijau, oranye dan biru, dan warna merah mencerminkan semangat juang yang membara. Putih adalah simbol kesucian dan kesucian.

Warna hijau sering dikaitkan dengan Islam. Warna ini mencerminkan nilai-nilai keagamaan, perdamaian, dan pertumbuhan. Oranye menciptakan kontras dan kegembiraan. Emosi menyampaikan antusiasme dan kekuatan dalam upaya pembangunan negara Warna biru adalah simbol kecerdasan dan kebijaksanaan, Sprint Asia telah bermitra dengan Resulticks untuk meningkatkan peran pelanggannya dalam mempromosikan bisnisnya. Pemahaman mendalam tentang perilaku pelanggan dapat membentuk arah bisnis perusahaan kabarbinjai.com.co.id 6 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *