Maret 2, 2024

Jakarta – Ikatan Arkeolog Indonesia (IAAI) menggelar diskusi publik dengan topik “Museum Penting” pada Senin, 27 September 2023 di Galeri Cemara 6, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam diskusi tersebut, Ketua IAAI Komisariat Daerah Jabodetabek, Dr. Dyah Chitaria Liestyati, M.Si berpesan kepada pemerintah (Kemendikbudristek) sebagai pemangku kepentingan untuk segera membuat pedoman museum mitigasi bencana.

“Masih ditempel 5 tahun yang lalu pada kebakaran museum bahari (2018), tanpa kita sadari tanggal kejadiannya sama, jadi tanggal 16, museum bahari tanggal 16 Januari 2018, museum nasional bulan September 16 Tahun 2023. Keduanya terbakar akibat korsleting listrik. Peraturan keselamatan tidak selalu ditegakkan bahkan diabaikan di Indonesia. “Saya tegaskan museum itu penting dan kali ini bagaimana mendorong pemerintah yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam dalam hal ini untuk berkolaborasi dalam persiapan mitigasi bencana di museum”, kata Dyah.

Kemudian bertepatan dengan salah satu pembicara yaitu Gatot Ghautama, S.S, M.Hum (Anggota Badan Pengawas Pusat IAAI) yang memaparkan materi Manajemen Risiko Museum. Ia menegaskan, pedoman mitigasi bencana museum diperlukan untuk mengurangi dampaknya.

“Kita hanya bisa mengurangi dampak bencana (bukan menghilangkannya). Ini pertama kalinya Museum Nasional mengalami kebakaran setelah 161 tahun berdiri. “Seperti diketahui, Indonesia sudah melakukan mitigasi secara sistematis sejak bencana tsunami Aceh pada tahun 2004. , dan baru pada tahun 2007 muncul manajemen bencana,” kata Gato.

Sebagai tambahan informasi, hingga hari ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan ahli untuk menindaklanjuti dampak peristiwa kebakaran tersebut.

Sekretaris Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Fitra Arda mengungkapkan Museum Nasional Indonesia (MNI) alias Museum Gajah berencana tutup pada tahun depan.

“Museumnya kita tutup sementara, mungkin setahun akan kita lakukan (perbaikan) sampai beres, baru kita buka,” kata Fitra. Jakarta memasuki musim hujan, Pemprov siapkan aplikasi peringatan dini banjir Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta siapkan aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir sebagai sarana masyarakat mengakses peringatan dini banjir kabarbinjai.com.co.id pada 30 November 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *