Maret 4, 2024

Tangerang – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menghimbau Komunitas Reuse Aja (GUA) terus mengkampanyekan gaya hidup atau daur ulang untuk mengurangi jumlah sampah.

Ia mendorong komunitas GUA untuk masuk sekolah; Ia diminta untuk mengajari siswa pentingnya mendaur ulang wadah atau menerapkan praktik pengemasan.

“Ayo sekolah, ajak kami mengurangi sampah,” kata Arifin Tasrif di sela-sela acara Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEx) ke-11 2023 saat berkunjung ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Rabu, 12 Juli 2023.

Komunitas GUA mengikuti program ini bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Arifin Tasrif mengunjungi area pameran sesaat setelah membuka Indonesia EBTKE ConEx 2023 ke-11 yang mengangkat tema ‘From Commitment to Action: From Energy Transition to Indonesia Net Zero Emission 2060’.

Saat mengunjungi booth Komunitas GUA-UBSI, Menteri Arifin menanyakan apa itu GUA? Setelah mendapat penjelasan singkat, ia mengapresiasi kerja komunitas ini. Ia juga meminta komunitas GUA untuk memberikan motivasi yang kuat terhadap daur ulang wadah atau kemasan, khususnya bagi generasi muda.

Komunitas GUA adalah asosiasi yang mempromosikan prinsip daur ulang kemasan. Program utama komunitas ini adalah mengajarkan tentang pengurangan sampah dengan mempraktikkan daur ulang wadah atau kemasan produk dalam kehidupan sehari-hari.

Menteri Arifin kaget saat salah satu komunitas GUA menghadiahkan kepadanya sebuah mangkok berhiaskan karikatur dirinya. “Wah sungguh bagus, terima kasih. Untuk melanjutkan pendidikan di sekolah, untuk mendidik lebih banyak orang,” ujarnya.

Tak hanya kunjungan menteri, Dirjen Dikti juga membuka aula GUA-UBSI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Tn. Nizam. Ia mengimbau masyarakat GUA tidak kendor dalam mengadvokasi gerakan daur ulang. “Mari kita maju dengan penuh semangat,” ujarnya.

Komunitas GUA bermitra dengan UBSI untuk mendukung Indonesia mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060, sebagaimana tertuang dalam tema pameran.

Pada pembukaan EBTKE ConEx 2023, Menteri Arifin menyampaikan bahwa Indonesia sedang berupaya mencapai NZE. Salah satunya dengan menggalakkan berbagai jenis energi baru dan terbarukan (EBT).

“Dengan menyediakan infrastruktur, kami akan mendistribusikan seluruh potensi sumber daya EBT dan kami berharap dapat membangun jaringan koneksi antar pulau pada tahun 2060, sehingga seluruh masyarakat di daerah terpencil memiliki akses terhadap sumber daya energi,” jelasnya. Fakta: Usai dipecat, anak buah Jokowi melakukan latihan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini tengah menghadapi serangan dari anak buahnya. Siapa mereka? Apa tanggapan Jokowi? kabarbinjai.com.co.id 6 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *