Maret 4, 2024

Jakarta, 31 Oktober 2023 – Embun pada kaca helm menjadi salah satu permasalahan yang kerap dihadapi pengendara sepeda motor saat berkendara di musim hujan. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan karena mengurangi jarak pandang pengemudi dan dapat membahayakan keselamatan berkendara.

Karena suhu di dalam helm lebih tinggi dibandingkan suhu di luar helm, maka akan muncul embun pada kaca helm. Akibatnya uap air di dalam helm akan berubah menjadi embun.

Seperti dilansir kabarbinjai.com Otomotiv di laman Astramotor, berikut beberapa tips mengatasi embun pada kaca helm Anda:

Buka kaca helm. Cara paling mudah untuk mengatasi pengembunan pada visor helm Anda adalah dengan membuka visor. Hal ini akan membantu udara dari luar masuk ke dalam helm dan mengurangi perbedaan suhu antara udara di dalam dan di luar helm.

Memasang Pinlock Pinlock merupakan lapisan plastik yang dipasang di antara kaca helm dan kaca visor. Pinlock bekerja dengan cara menjaga suhu udara di antara kedua gelas tetap stabil agar tidak terbentuk embun.

Gunakan cairan anti kabut. Cairan anti kabut membantu mencegah terbentuknya embun pada kaca helm. Cairan ini biasanya tersedia dalam bentuk semprotan atau topikal.

Gunakan bahan anti air Bahan anti air merupakan bahan anti air pada permukaan kaca. Hal ini membantu mengurangi munculnya embun pada kaca helm.

Gunakan masker anti kabut. Visor anti kabut dapat membantu mengurangi pengembunan pada kaca helm dengan cara menyerap uap air dari nafas pengendara.

Berikut beberapa tips tambahan untuk mencegah pengembunan pada kaca helm Anda:

Pastikan helm Anda memiliki ventilasi yang memadai. Ventilasi yang memadai membantu sirkulasi udara di dalam helm dan melindungi dari perbedaan suhu yang ekstrim.

Jaga kebersihan helm Anda. Helm yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur sehingga menyebabkan terjadinya pengembunan.

Hindari menggunakan helm bekas. Visor helm yang lebih tua lebih rentan bengkok dan berembun. Motor bebek ini bikin netizen terkagum-kagum. Video tayangan Video Honda Supra diunggah kabarbinjai.com.co.id pada 4 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *