Februari 26, 2024

kabarbinjai.com – Stadion menjadi salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola, khususnya di BRI Liga 1 2023/2024. Selain itu, stadion juga menjadi tempat berkumpulnya para penggemar yang mendukung langsung tim kesayangannya.

Selain pertandingan, stadion juga merupakan siklus perekonomian. Sebagai tempat berkumpulnya, stadion ini tidak hanya dipadati suporter saja, namun juga para pedagang UMKM merchandise dan penjual makanan.

BRI Liga 1 2023/2024 merupakan kompetisi liga tertinggi sepak bola profesional di Indonesia. Dengan status tersebut, kualitas stadion menjadi prioritas.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator BRI Liga 1 2023/2024 telah memverifikasi stadion yang digunakan 18 klub.

PT LIB dan PSSI setidaknya mempertimbangkan empat aspek saat verifikasi stadion. Keempat aspek tersebut adalah kelayakan infrastruktur, keselamatan dan keamanan, disusul fasilitas lapangan pertandingan, serta kebutuhan penyelenggara penyiaran.

Proses standarisasi ini perlu dilakukan agar seluruh stadion yang digunakan klub-klub Liga 1 memiliki standar yang sama sesuai arahan yang ada, kata Ferri Paulus selaku Direktur Utama PT LIB.

Keempat aspek tersebut sangat penting bagi PT LIB karena akan ada penerapan VAR (Video Assistant Referee) yang direncanakan pada putaran kedua. Selain itu, dalam proses verifikasi, PT LIB dan PSSI mendampingi polisi untuk memeriksa penilaian risiko berulang dari polisi.

Penilaian risiko Pollari menekankan stadion dalam tiga kategori, yaitu layak untuk dijadikan tuan rumah pertandingan dengan penonton, cocok untuk menjadi tuan rumah pertandingan tanpa penonton, dan tidak layak untuk menjadi tuan rumah pertandingan.

Beberapa parameter yang digunakan Polri untuk penilaian risiko adalah integritas infrastruktur, mitigasi bencana, jalur evakuasi, dan prosedur standar kecocokan.

Hal ini tentunya demi kenyamanan dan keamanan para suporter dalam menyaksikan pertandingan BRI Liga 1 2023/2024. Standar keamanan ini membuat suporter bisa menikmati pertandingan dengan nyaman, apalagi BRI Liga 1 2023/2024 memiliki sejumlah stadion bersejarah.

Sebut saja stadion utama Gelora Bung Karno yang menjadi markas Persija Jakarta. Kemudian Stadion Jatidiri menjadi kandang PSIS Semarang, atau Manhan yang menjadi kandang Persis Solo.

Stadion bersejarah ini tentunya akan membantu kenyamanan dan keamanan untuk melindungi stadion dari kerusakan. Para penggemar dapat dengan nyaman dan aman menyaksikan pertandingan tim kesayangannya di stadion.

Selain itu, beberapa stadion klub BRI Liga 1 juga akan digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U17 2023, seperti Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali United), Si Jalak Harupat (Persib Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Persebaya Surabaya). , dan Stadion Manahan (Persis Solo).

Hal ini tentunya sejalan dengan komitmen BRI sebagai sponsor utama kompetisi untuk menciptakan kompetisi sepak bola terbaik dan mendukung bangsa Indonesia. #BolaUnitingBola #BRIPalingBola

“Sejak merebaknya wabah, secara bertahap para suporter sudah bisa menikmati pertandingan sepak bola dari stadion. Aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat juga sudah pulih. Karena itu, stadion bisa menjadi tempat menyokong bangsa,” kata Sunarso. Ia khawatir jika saat tampil di TIM merasa namun menyarankan Kapolri untuk melaporkan Butet Kartaredjasa. Artis Butet Kartaredjasa merasa ada dugaan intimidasi saat tampil di TIM Jumat pekan lalu. kabarbinjai.com.co.id, 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *