Maret 2, 2024

Bandar Lampung – Toko buku di Bandar Lampung banyak yang ramai pembeli di awal tahun ajaran baru. Bahkan toko buku bekas pun ramai pembeli.

Pasar Bawah Ramayan terlihat di pusat penjualan buku bekas di Bandar Lampung, Minggu, 17 Juli 2023. Banyak warga yang membelikan buku berbagai mata pelajaran sekolah untuk putra-putrinya.

Buku bekas biasanya dijual setengah harga buku baru. Buku-buku berbagai mata pelajaran sekolah mulai dari PAUD hingga pendidikan tinggi banyak dijual di pasar ini.

“Saya datang ke sini untuk mencari buku pelajaran fisika untuk sekolah. Harga terjangkau dan hemat. Kualitas buku bekas tidak kalah dengan buku baru,” kata Ratih Kanaya, salah satu siswi SMA di Bandar Lampung, Sabtu, 16 Juli. , 2023.

Ratih menambahkan, ia membeli buku bekas untuk Pasar Bawa Ramayan setiap tahunnya. “Harga di sini lebih murah dibandingkan membeli buku baru,” ujarnya.

Tak hanya warga Lampung, kawasan toko buku ini ramai dikunjungi pembeli dari luar daerah. Kalaupun mereka membeli buku bekas, buku tersebut masih bisa digunakan karena harganya lebih murah dibandingkan buku baru.

“Saya dari Jakarta. Tapi cari di sini lebih lengkap, jadi saya beli buku bekas untuk anak sekolah,” kata Misnawati, salah satu pembeli buku di Jakarta.

Selain lengkap, lanjut Misnawati, harganya cukup bersaing dan murah. Sebenarnya kualitas buku bekas masih bagus. “Harganya bersahabat. Kualitasnya bagus. Bukunya cukup lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, penjual buku bekas Fabri Novita mengatakan omzetnya meningkat hingga 50 persen sehari setelah libur panjang kelas berakhir. Selain buku bekas juga menjual buku baru.

“Kami juga memberikan diskon 20 hingga 25 persen untuk buku baru. Harga buku bekas kini separuh harga buku baru,” kata Fabri Novita.

Ia menjelaskan, sebagian besar pembeli mencari buku pelajaran SMP dan SMA. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pembelinya meningkat 80 persen.

Lumayan, pertumbuhan pembeli mencapai 80 persen dibandingkan tahun lalu. Rata-rata pembeli mencari buku pelajaran untuk siswa SMP dan SMA, jelasnya.

Laporan: Puji Lampung Konser ini menampilkan bakat musik anak-anak dari 40 negara. Edisi di Jakarta kali ini menandai konser tatap muka pertama dalam empat tahun terakhir, setelah tiga edisi sebelumnya digelar secara online kabarbinjai.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *