Maret 4, 2024

Liputan6.com, Jakarta Olahraga teratur penting untuk kesehatan Anda. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan memperpanjang usia. Disarankan agar Anda melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu, meskipun aktivitas Anda meningkat hanya dengan beberapa menit gerakan. Namun, para peneliti yang meneliti lebih dalam tentang manfaat olahraga minimal juga menemukan hasil yang menggembirakan.

Secara khusus, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa berjalan kaki beberapa menit saja dapat meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan jika Anda melakukannya pada waktu yang tepat. Jadi bagaimana perubahan yang sangat sederhana ini dapat mengubah kesehatan Anda hanya dalam dua menit?

Segala bentuk aktivitas fisik dapat memberikan efek positif pada kesehatan Anda dengan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, jenis kanker tertentu, dan penyakit lainnya. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa jalan cepat, bahkan untuk waktu singkat, menawarkan cara sederhana dan nyaman untuk meningkatkan kesehatan Anda pada tingkat kebugaran apa pun.

“Berjalan kaki adalah aktivitas dasar manusia yang manfaatnya telah terbukti selama berabad-abad,” kata pelatih pribadi dan pemilik garasi bersertifikat CPT Andrew White, seperti dilansir Life Network, Minggu (12/3/2023).

“Olahraga ini melibatkan banyak kelompok otot mulai dari kaki hingga batang tubuh tanpa terlalu membebani persendian. “Jalan kaki merupakan olahraga menahan beban yang meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.”

White menambahkan, jalan kaki juga baik untuk kesehatan jantung. “Saat Anda berjalan, jantung bekerja lebih cepat, sehingga meningkatkan sirkulasi, mengirimkan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel, dan membantu menghilangkan produk limbah. “Peningkatan sirkulasi ini membantu menjaga kesehatan jantung.”

Para peneliti telah mendokumentasikan manfaat luar biasa dari berjalan kaki, dan beberapa di antaranya telah mencari tahu dari mana manfaat tersebut berasal. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit (sekitar 4.000 langkah) setiap hari secara signifikan mengurangi penyakit jantung dan semua penyebab kematian.

Beberapa tahun lalu, sebuah penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 15 menit setelah makan dapat membantu pencernaan dan menurunkan gula darah.

Kini, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine menemukan bahwa orang dapat menikmati beberapa manfaat yang sama seperti berjalan kaki hanya dua menit setelah makan.

Sebuah meta-analisis dari tujuh penelitian berbeda mengenai topik tersebut menemukan bahwa orang yang berjalan selama dua hingga lima menit setelah makan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang duduk atau berdiri.

Subjek yang berjalan-jalan sebentar setelah makan mengalami perubahan bertahap pada kadar gula darahnya, yang membantu mereka menghindari lonjakan gula darah yang menyebabkan diabetes pada beberapa orang.

Namun para peneliti telah menunjukkan bahwa ada jangka waktu di mana berjalan kaki dapat membantu mengatur gula darah. Anda akan mencapai hasil terbaik jika Anda berolahraga 60 hingga 90 menit setelah makan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, tidak masalah bagaimana Anda berhenti berolahraga. Berjalan kaki 15 kali sehari setara dengan berjalan kaki 15 menit dua kali sehari untuk kesehatan dan umur panjang Anda.

Hal ini dapat membantu beberapa orang mengambil langkah pertama untuk memasukkan olahraga ke dalam jadwal sibuk mereka. Meskipun Anda tidak dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berolahraga, segala bentuk olahraga sedang hingga berat dapat membantu Anda menuju kesehatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *