Februari 26, 2024

kabarbinjai.com Lifestyle – Saat ini lebih dari separuh air sungai di 34 provinsi di Indonesia tercemar (BPS 2023).

Pencemaran sungai ini tidak hanya berdampak negatif terhadap ekosistem di dalamnya, tetapi juga berdampak pada manusia, tumbuhan dan hewan yang hidup di sekitarnya, sistem pertanian, dan bencana banjir. Bahkan sampah-sampah yang berakhir di laut, khususnya plastik. Sampah dapat mempengaruhi keseimbangan karbon alami di lautan.

Hal ini berujung pada implementasi Proyek Grass River – River Stories, sebuah inisiatif keberlanjutan yang sepenuhnya didanai oleh CGS-CIMB Securitas Indonesia. Tujuannya untuk mengatasi permasalahan lingkungan sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai.

Proyek ini sejalan dengan strategi keberlanjutan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mendukung “Deklarasi Emisi Nol Bersih 2060” yang dicanangkan pemerintah.

Dimulai pada tahun 2022 dengan Pondok Youth Program, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) SeaSoldier. Program edukasi ini melibatkan 100 peserta dari 22 provinsi di Indonesia yang menghasilkan proyek akhir yaitu rencana aksi konkrit penyelesaian permasalahan iklim. Iklim yang berkelanjutan dan berkelanjutan berdasarkan prinsip SDG 13. .: Proyek Sungai Rumput – Cerita Sungai.

Dengan dilaksanakannya proyek ini pada tahun ini, mereka berharap dapat memberikan solusi untuk memerangi pencemaran sungai dan pencemaran laut dengan membangun jaring sampah (sampah) di hilir dan menerapkan peraturan. . Tindakan-tindakan ini dapat mendukung tujuan SDGs 13 (Aksi Iklim) dan 4 (Pendidikan Berkualitas), serta SDGs lainnya seperti SDGs 6, 14, 11 dan 17.

Proyek Sampah Sungai – River Stories dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2023 di Kecamatan Sisadan Bawah, Tangerang. Mereka tidak hanya membangun jaring sampah (sampah) tetapi juga mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai tentang pencemaran lingkungan. manfaat pembangunan sungai, jaringan saluran pembuangan dan keberlanjutan proyek ini.

Selain itu, dilakukan penanaman 100 bibit pohon di sepanjang aliran Sungai Sisadan.

“Kegiatan ini merupakan investasi masa depan tanah kami. Lim Kim Sia, Presiden PT CGS-CIMB Securitas Indonesia, mengatakan: “Kami sangat senang dapat mendukung proyek ini sekali lagi, pentingnya menjaga sungai dan mengambil tindakan nyata terhadap perubahan iklim.” , 2023, 27 Oktober.

Selain mengumpulkan sampah yang mengalir ke sungai, dapat diolah dan didaur ulang untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar, serta edukasi komprehensif mengenai dampak perubahan iklim dan pengurangan sampah terhadap masyarakat sekitar. Rumah berpotensi mengurangi emisi karbon, mengurangi permasalahan banjir, dan mengurangi jumlah sampah yang masuk ke laut.

Tentu saja, hal ini merupakan bukti upaya berkelanjutan CGS-CIMB Securitas Indonesia dalam menciptakan lingkungan yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya bagi pelaku pasar serta mengambil tindakan nyata melawan perubahan iklim.

Selama pelaksanaan proyek River Development – ​​River Story, mereka juga mendapat dukungan penuh dari Bursa Efek Indonesia (BEI), dan bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat (NGO), SeaSoldier, sebuah organisasi nirlaba. Didirikan pada tahun 2015 dan mendorong masyarakat, terutama kaum muda, untuk mengubah gaya hidup agar peduli terhadap lingkungan.

Dengan adanya proyek ini, kami berharap para investor akan menata cerita sungai lainnya di Indonesia dengan mengadakan proyek pengembangan sungai secara langsung di masa depan.

“BEI mendukung Waste River Project – River Stories, sebuah inisiatif untuk mendorong perlindungan lingkungan di Indonesia. Direktur Bursa Efek Indonesia Risa E. Rustam mengatakan: “Kami berharap Proyek Daur Ulang Sungai dapat meningkatkan kesadaran. Di antara sekian banyak aktor yang menjaga kebersihan sungai dan kelestarian lingkungan, serta mendorong pihak lain untuk melakukan hal serupa di Indonesia”.

Senada, pendiri dan CEO Seasoldier Foundation Nadine Chandravinatha mengatakan River Story merupakan kelanjutan dari program Pondok Pemuda yang diluncurkan pada tahun 2022 bekerja sama dengan CGS-CIMB Securitas Indonesia, yang mengarah pada proyek terbaru untuk mengatasi masalah pencemaran sungai. dampak besar terhadap pencemaran laut.

“Tugas kami adalah mengimplementasikan proyek ini dan menjadi peristiwa nyata. Oleh karena itu Seasoldier CGS-CIMB mendukung penuh Securitas Indonesia untuk mengatasi masalah pencemaran sungai dan mengedukasi masyarakat di sepanjang sungai untuk lingkungan yang lebih baik,” tutupnya. Masa Depan”. Depok masih kebanjiran, masyarakat sulit bertahan hidup. Sebagian Kota Depok, Jawa Barat masih terendam air setelah hujan deras dan berkepanjangan dalam beberapa hari terakhir. Hujan hingga sore hari pada 1 Desember 2023 kabarbinjai.com.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *