Februari 26, 2024

Sumut – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kiminpura), menggelar Festival Olahraga Paralimpiade di GOR Mini Diaspora Sumut di Jalan William Iskandar/Jalan Pensing, Kabupaten Deli Serdang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Diaspora) Sumut Baharuddin Segian mengatakan, ajang tersebut diharapkan dapat melahirkan generasi baru atlet disabilitas di Sumut.

Sekitar 300 siswa berkebutuhan khusus dari sekolah luar biasa (SLB) se-Sumut mengikuti festival yang digelar pada Kamis, 30 November 2023. kata Baharuddin dalam keterangannya, Sabtu, 2 Desember 2023.

Baharuddin menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan olahraga kepada anak-anak penyandang disabilitas.

“Bagaimana penyandang disabilitas bisa berolahraga dengan keterbatasan yang dimilikinya,” kata Baharuddin.

Bharaldin mengatakan prestasi atlet disabilitas Sumut selama ini cukup signifikan, sehingga Sumut masuk dalam tiga besar peraih medali nasional Asian Games di Hangzhou. Untuk itu, festival tersebut merupakan ajang pencarian bakat untuk mempertemukan atlet-atlet masa depan di Sumut.

Festival Olahraga Paralimpiade dibuka oleh Dirjen Pol (Purn) Rudi Safradi, Wakil Direktur Kebudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Dalam sambutannya, Rudi memuji prestasi Sumut di tingkat nasional dan internasional.

Dikatakannya, “Adanya kegiatan ini menjadi salah satu insentif bagi lahirnya atlet penyandang disabilitas dan peningkatan kesehatan para pelajar.” Kemenag Jadikan Fasilitas 146 Madrasah Ramah Difabel Kementerian Agama (Kimnag) melaporkan, 146 madrasah telah meningkatkan fasilitas dan layanannya agar lebih ramah bagi penyandang disabilitas. kabarbinjai.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *