Maret 2, 2024

Liputan6.com terus memperkuat komitmennya dalam memberdayakan dan membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di Jakarta. Ajang ini merupakan ajang business match antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, sebagai bank yang fokus pada UMKM, perseroan tidak ingin hanya menjalankan fungsi intermediasi.

“BRI ingin memberdayakan dan memberdayakan UMKM melalui berbagai inovasi diantaranya UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sebagai program yang ditawarkan BRI mulai tahun 2019,” ujarnya.

Sunarso juga menjelaskan nilai kontrak terus meningkat melalui pentingnya bisnis pada acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

“Tahun 2019 meningkat menjadi 33,5 juta dolar, tahun 2020 menjadi 57,5 ​​juta dolar, dan tahun 2021 menjadi 72,1 juta dolar,” jelasnya.

“Tahun 2021 akan sangat menarik karena BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR dilaksanakan hampir karena pandemi. Kemudian pada tahun 2022 nilainya mencapai 76,7 juta USD,” tambah Sunarzo.

Dia mengatakan target kesepakatan tahun ini adalah $80 juta. Sunarzo mengatakan tujuan utama BRI adalah memperkuat keseimbangan jam kerja dan bukan hanya neraca perdagangan.

“Melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan nilai tambah sehingga mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sebagai salah satu cara untuk mencapai kesejahteraan,” kata Sunarzo.

Amam Sukriando, Direktur Usaha Kecil dan Menengah BRI, mengatakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan wujud keseriusan BRI dalam fokus pada pengembangan bisnis UMKM di Indonesia melalui pelatihan dan pemberdayaan.

“Tetapi kami ingin terhubung dengan pelanggan secara berkelanjutan. Kita bisa tumbuh bersama di masa depan,” ujarnya.

“BRI berharap semakin banyak UMKM yang menjadi peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Selain untuk menggalakkan ekspor, UMKM yang mengikuti acara ini dapat menebar semangat ke ribuan UMKM di daerah,” jelas Amam.

Ia juga mengapresiasi peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang berada dalam ekosistem atau komunitas yang sama, sehingga akan saling berbagi informasi mengenai keberlanjutan usahanya ke depan.

“Dan kami berharap UMKM Indonesia yang berada dalam binaan UMKM Expo(RT) BRILIANPRENEUR dapat terus meningkatkan usahanya agar tetap menjadi yang terdepan dikelasnya,” kata Aam.

Pada BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini BRI mengundang 700 UMKM kurasi. Sebanyak 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan afiliasi, 153 UMKM pahlawan lokal.

Selanjutnya, 32 UMKM yang tergabung dalam SCAI (Asosiasi Kopi Spesial Indonesia) dan 9 UMKM berprestasi binaan Kementerian Koperasi dan UKM.

Selain itu, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini memiliki lima kategori yaitu Home Decor & Crafts, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Apparel serta Health/Wellness.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *