Maret 3, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan pada 26 September hingga 30 November 2023, nilai perdagangan Bursa Karbon Indonesia mencapai Rp30,7 miliar dengan volume perdagangan setara 490.716 ton karbon dioksida ( CO2e).Katanya sudah tercapai. 2023 .

Direktur Utama Pengawas Pasar Modal, Derivatif Keuangan, dan Pertukaran Karbon OJK Inarno Djjadi merinci, nilai transaksi tersebut meliputi pasar reguler Rp9,38 miliar atau 30,56%, pasar negosiasi Rp2,84 miliar atau 9,24%, dan pasar lelang 60,2%. menjelaskan. Pasar atau Rp 18,48 miliar.

“Mengingat 71,95% karbon yang disediakan belum terjual, maka potensi pertukaran karbon di Indonesia ke depan masih besar,” kata Inarno saat konferensi pers rapat bulanan dewan di Jakarta pada November 2023. 12 April 2023).

Pada November 2023, Inarno menyebutkan jumlah pengguna layanan pertukaran karbonnya meningkat dari 25 menjadi 41 pada Oktober 2023. Selain itu, terdapat 2 penjual unit karbon dan 23 pembeli unit karbon. .

Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) mematuhi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Pertukaran Karbon. 14 untuk menyelenggarakan sistem perdagangan yang transparan, tertib, adil dan efisien.

Ketua BEI Iman Rachman mengatakan selain memberikan transparansi harga, perdagangan IDXCarbon menawarkan mekanisme perdagangan yang mudah dan sederhana. Saat ini, terdapat empat mekanisme perdagangan IDXCarbon: lelang, perdagangan reguler, perdagangan negosiasi, dan pasar.

IDXCarbon terhubung dengan Sistem Registrasi Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sehingga memudahkan pengelolaan transfer unit karbon dan menghindari penghitungan ganda.

Setiap pelaku usaha korporasi yang memiliki kewajiban dan/atau komitmen untuk secara sukarela mengurangi emisi gas rumah kaca dapat menjadi pengguna layanan IDXCarbon dan membeli unit karbon yang tersedia.

“Perusahaan dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi formulir pendaftaran pengguna layanan IDXCarbon yang tersedia di website idxcarbon,” kata Iman saat peluncuran Indonesia Carbon Exchange yang digelar di Jakarta, Selasa (26 September 2023).

Pemilik proyek yang telah mendaftarkan unit karbonnya ke SRN-PPI dapat menjual unit karbonnya melalui IDXCarbon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *