Maret 2, 2024

MARYLAND – Sudah sebulan sejak seorang pria Maryland menjadi orang kedua yang menerima transplantasi jantung dari babi. Sebuah video rumah sakit yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan dia bekerja keras untuk pulih.

Lawrence Fawcett meninggal karena gagal jantung dan tidak dapat menerima transplantasi jantung tradisional karena masalah kesehatan lainnya. Saat itu, dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland mengusulkan operasi yang sangat eksperimental.

Fawcett akhirnya menjalani operasi transplantasi jantung pada 20 September. Rumah sakit yang melakukan operasi tersebut kemudian merilis video terbaru yang mengungkapkan bahwa Fawcett bahkan sudah mampu berdiri dan menjalani terapi untuk berjalan kembali.

“Ini akan sulit, tapi saya akan melakukannya,” jawab Fawcett, 58, terengah-engah namun tersenyum.

Sebuah tim di Maryland tahun lalu melakukan transplantasi jantung pertama di dunia dari babi hasil rekayasa genetika ke manusia lain yang sekarat. David Bennett bertahan hanya dua bulan sebelum gagal jantungnya kembali.

Penyebab kematiannya tidak jelas, namun organ-organnya menunjukkan tanda-tanda virus babi. Pembelajaran dari uji coba pertama ini membawa perubahan menjelang uji coba kedua ini, termasuk pengujian virus yang lebih baik.

Upaya transplantasi organ dari hewan ke manusia, yang disebut xenografts, telah gagal selama beberapa dekade karena sistem kekebalan tubuh manusia dengan cepat menghancurkan jaringan asing.

Kini para ilmuwan masih mencoba menggunakan babi yang dimodifikasi secara genetik untuk membuat organ mereka lebih mirip manusia. Dalam video dari rumah sakit pada hari Jumat, dokter Fauquet mengatakan jantung babi tidak menunjukkan tanda-tanda penolakan.

“Jantung melakukan segalanya dengan sendirinya,” kata dokter. Muhammad Mohiuddin, kepala tim xenotransplantasi jantung Maryland.

Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan Fawcett, dari Frederick, Maryland, mampu berdiri dan ahli terapi fisik membantunya mendapatkan kekuatan yang dia butuhkan untuk berjalan.

Banyak ilmuwan berharap bahwa xenotransplantasi suatu hari nanti akan mampu mengkompensasi kekurangan besar sumbangan organ manusia. Lebih dari 100.000 orang masuk dalam daftar transplantasi, sebagian besar menunggu untuk mendapatkan ginjal, dan ribuan orang akan meninggal saat menunggu. 4 Fakta Meninggalnya Mantan Kepala BNPB Donnie Monardo Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI, Purnawirawan Donnie Monardo, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu kemarin pukul 17.35 WIB. kabarbinjai.com.co.id 4 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *