Maret 4, 2024

Depok – Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12. Ketua Komite Eksekutif (MWA) Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Jusuf Kalla (JK), menegaskan, waktunya sudah tiba. Indonesia akan menjadi negara yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswa dari negara lain yang ingin belajar di Indonesia, khususnya di UIII.

Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari slogan yang selalu dicanangkan Indonesia sebagai negara moderat dan menganut Islam Wasathiyah (adil).

Sementara itu Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar dari negara-negara Islam yang memiliki tingkat kesejahteraan lebih rendah dibandingkan Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan JK saat acara wisuda mahasiswa pascasarjana Universitas Islam Internasional Indonesia (UII) di Teater Fakultas Gedung B Kampus UIII Depok, Jawa Barat, pada Kamis, 31 Agustus 2023.

“Kita tidak boleh hanya bicara moderat dan Washatiyah, kita juga harus menyebarkannya. Itu sebabnya kami menawarkan beasiswa ke negara-negara Islam yang memiliki populasi lebih rendah dari kami. Jangan hanya mencari beasiswa di Arab Saudi. Jordan bangga akan hal itu. “Sekarang kami punya lebih banyak beasiswa yang bisa ditawarkan ke Indonesia. Tidak hanya jumlah umat Islamnya yang banyak, tapi Tapi manfaatnya juga banyak,” kata JK.

Lebih lanjut JK menjelaskan, tujuan Indonesia menjadi negara pemberi beasiswa guna mengubah stigma Indonesia dari negara penerima bantuan menjadi negara pemberi bantuan.JK menyebut hal ini sebagai perubahan gaya diplomasi Indonesia. diplomasi langsung ke diplomasi langsung

“Kita harus mengubah gaya diplomasi kita dari diplomasi langsung menjadi diplomasi langsung. Ini adalah salah satu tujuannya. “Hanya dengan cara inilah kita akan terlihat sebagai negara Islam yang hebat,” tegasnya.

Sekadar informasi, UIII merupakan universitas internasional yang dirancang sebagai kampus masa depan kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

UIII dibangun di atas lahan seluas 142,5 ha, tanah bekas milik LPP RRI dan berlokasi di Komplek Pemancar RRI Cimanggis yang terletak di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

UIII memulai perkuliahan pertamanya pada tanggal 27 September 2021. Kampus ini didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 Juni 2016 dengan status Universitas Negeri Badan Hukum (PTN BH ) Berbagai tuntutan pidana terhadap pengungsi Rohingya di Aceh Mulai dari narkoba hingga pemerkosaan terhadap anak di bawah umur, media sosial belakangan ini ramai dengan kedatangan ratusan pengungsi Rohingya di Aceh. yang ditolak warga sekitar karena melakukan tindak pidana kabarbinjai.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *