Maret 3, 2024

kabarbinjai.com – Public speaking atau berbicara di depan umum bukan sekedar keterampilan, melainkan seni yang menggunakan kata-kata, ekspresi, dan kepercayaan diri untuk menyampaikan pesan dengan efek maksimal.

Keterampilan ini tidak hanya berguna dalam dunia bisnis dan pendidikan, namun juga merupakan alat yang ampuh untuk memotivasi, menginspirasi dan mengubah pikiran masyarakat.

Keterampilan berbicara ini salah satunya berguna untuk menjadi seorang presenter TV yang membutuhkan keterampilan di depan kamera dan berkomunikasi dengan khalayak luas.

“Skill yang sangat dibutuhkan saat ini adalah komunikasi. Maka kampus hadir untuk mengisi kebutuhan tersebut dengan tenaga-tenaga profesional di bidang komunikasi seperti produser televisi, pembawa berita televisi dan profesi-profesi lain yang berkaitan dengan profesional komunikasi,” kata DR. Hartono STIAMI selaku Wakil Rektor Institut.

Menurut pembawa berita TVOne Sir Safir, menjadi pembawa berita di televisi memerlukan kombinasi keterampilan, dedikasi, dan kemampuan beradaptasi bagi S.I.Kom., M.M.

Maka pada kuliah umum kali ini, Seera Safara mengajak banyak mahasiswanya untuk berlatih public speaking dengan membaca naskah berita dan mencoba belajar menjadi pembawa berita di TV. Tak hanya itu, mahasiswa Institut Manajemen Komunikasi Stiamy Kampus A Bekasi juga melakukan praktik live reporter.

“Penguasaan kemampuan berbicara menjadi kuncinya. Presenter TV harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas, lancar dan menarik,” ujar Seera Safira pada kuliah umum.

Diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Komunikasi Institut STIAMI dan Himpunan Mahasiswa Mahasiswa (HMJ), kuliah umum tersebut bertajuk “Public Speaking dan Cara Menjadi Presenter Berita di TV One”.

Penyampaian konten langsung dari Seera Safira berhasil menarik minat mahasiswa STIAMI Institute untuk berperan aktif dalam kuliah umum ini. Bahkan saat sesi tanya jawab dimulai, banyak mahasiswa yang antusias mengajukan pertanyaan yang dijawab oleh Prodi Manajemen Komunikasi dengan memberikan hadiah kepada 3 responden teratas.

“Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan serupa dengan topik berbeda untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dan memenuhi kebutuhan pasar setelah mereka lulus.” Ph.D. Evie menuturkan, dirinya selama ini menjabat sebagai dekan Institut STIAMI.

Kuliah umum ini diikuti oleh 400 peserta secara daring dan luring. Presenter TV merupakan pekerjaan yang menarik dan menantang karena memerlukan kombinasi keterampilan teknis, pengetahuan mendalam, dan kepribadian yang menarik.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Ternyata 5 artis ini adalah lulusan yang tidak bercacat, ada humor dan penyanyi cantik. Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan perguruan tinggi yang terkenal dengan nama besarnya yang kerap melahirkan sosok-sosok besar dan nama-nama besar, seperti selebritis satu ini. kabarbinjai.com.co.id 6 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *