Maret 2, 2024

AUCKLAND – Lubang ozon kecil di Arktik diperkirakan akan pulih pada tahun 2045. Namun, lubang ozon di Antartika semakin dalam pada pertengahan musim semi selama dua dekade terakhir.

Lubang ozon Antartika biasanya terbuka pada bulan September dan berlangsung hingga November, bertepatan dengan musim semi di belahan bumi selatan. Para peneliti mengatakan pengamatan pada bulan September menunjukkan bahwa pemulihan disebabkan oleh penurunan CFC.

Pada bulan Oktober, ketika lubang sering terlihat ukurannya, kadar ozon di tengah stratosfer telah menurun sebesar 26% dari tahun 2004 hingga 2022. Anna Kessenich, dalam jurnal Nature Communication, hal ini menunjukkan penurunan penggunaan CFC menurut Montreal of 1987. Protokol.

Pada bulan Januari 2023, evaluasi besar-besaran oleh PBB mengkonfirmasi perjanjian tersebut (Protokol Montreal). Laporan tersebut memperkirakan bahwa lapisan ozon Antartika akan kembali ke tingkat tahun 1980 sekitar tahun 2066.

Di sisi lain, menurut peneliti Selandia Baru yang terlibat dalam studi baru di jurnal Nature Communications, tidak ada penurunan signifikan pada lapisan ozon Antartika, meskipun terjadi penurunan CFC. dan semakin sedikit ozon di tengah lubang seiring berjalannya waktu.

“Selama enam hingga sembilan tahun terakhir, tingkat ozon sangat rendah dan lubang ozon sangat besar. “Hal ini dimungkinkan karena perubahan iklim mencakup sebagian dari proses pemulihan ozon,” kata Annika Seppala dari Universitas Otago, Selandia Baru, kepada AFP, Rabu (22/11/2023).

Ilmuwan ozon Susanna Salomon, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kepada AFP bahwa penelitian tersebut harus dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Mengingat beberapa tahun lalu, hal itu sangat jarang terjadi.

Salomon menunjukkan bahwa lubang ozon menjadi 10% lebih luas pada tahun 2020 akibat kebakaran besar “Black Sabbath” di Australia. Letusan dahsyat gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai pada tahun 2022 di lepas pantai Tonga juga diyakini telah mempengaruhi tingkat ozon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *