Maret 2, 2024

Tangsel – Penasihat Organisasi Dharma Wanita (DWP) Menteri Agama Eny Retno Yaqut menilai praktik moderasi beragama di Indonesia harus ditekankan sejak kecil. Melalui pendewasaan beragama sejak kecil, Eny Retno berharap negeri ini semakin harmonis karena konflik agama bisa dihindari.

“Dalam hal ini, sangat tepat dan sangat strategis untuk mendorong stabilitas keagamaan di taman kanak-kanak,” kata Eny Retno saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Pendidikan Agama Islam untuk Taman Kanak-Kanak (PAI TK) di Serpong, Tangsel, Kamis, 5 Oktober 2023.

“Bisa dibilang taman kanak-kanaknya masih bersih dan lebih mudah mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang. “Anak bisa matang mentalnya karena kebiasaan mengajarkannya,” imbuhnya.

Eny Retno sangat mengapresiasi acara Gebyar TK PAI yang digelar di seluruh tanah air. Selain mengenalkan nilai-nilai kebaikan, kegiatan ini juga meningkatkan keterampilan siswa sejak dini. Dengan berlatih berkompetisi, secara tidak langsung siswa juga belajar menghargai orang lain.

“Saya berharap acara ini bisa lebih baik lagi di tahun depan. Game Moderasi Beragama Junior (MB) juga sudah diluncurkan,” kata Eny Yaqut.

“Ini adalah board game yang sengaja kami buat untuk mengenalkan nilai ketenangan beragama, karena menurut kami akan lebih efektif mengenalkan nilai tersebut jika dilakukan melalui permainan,” lanjut Eny yang mengajak beberapa anak kecil. akan naik panggung. . bernyanyi, mengajukan pertanyaan dan diakhiri dengan hadiah.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Ali Ramdhani juga mengakui bahwa anak merupakan kelompok yang tepat untuk belajar dan mengamalkan kehidupan beragama sejak usia dini. “Ketenangan beragama sudah sepatutnya dipraktikkan sejak kecil karena yang terpenting adalah mencintai Indonesia dengan suka cita,” kata Ali Ramdhani.

Direktur PAI Kementerian Agama RI Amrullah mengatakan, PAI Festival 2023 mengusung tema “Moderasi Sejak Kecil”. Pada topik ini diharapkan adanya kesadaran kolektif akan perlunya komunikasi keagamaan sejak kecil. Sebab keberagaman kehidupan di Indonesia memerlukan landasan yang kuat agar tidak mudah dirusak oleh pihak-pihak tertentu.

“Dan usia TK cocok karena merupakan motivasi pertama untuk mengenalkan karakter dan nilai-nilai dasar melalui lembaga pendidikan,” jelas Amrullah.

Amrullah menjelaskan, Gebyar PAI TK tahun ini diperlombakan dalam dua kategori, yakni guru dan siswa. Pada kategori guru dilombakan dua divisi yaitu Karya Inovasi Pembelajaran PAI di Taman Kanak-Kanak dan Penciptaan Lagu Moderat Religi (versi anak-anak). Sementara itu, untuk kategori pelajar juga terdapat dua divisi yang dipertandingkan, yaitu Da’i Kecil (putra/putri) dan Hafalan Surat Pendek (putra/putri).

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Fachrul Razi mengaku dipecat karena menolak membubarkan FPI, Gus Yaqut membenarkannya. Seperti diketahui, pada 22 Desember 2020, Presiden Joko Widodo menunjuk Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menggantikan Jenderal Fachrul Razi. kabarbinjai.com.co.id 4 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *