Februari 26, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hampir tidak ada orang yang mengingat seluruh kenangan masa kecilnya. Fenomena ini disebut amnesia infantil. Ada alasan mengapa orang cenderung melupakan kenangan awal tersebut.

Bukan karena kita tidak menyimpan informasi saat masih muda, lapor Live Science Selasa (28/11/2023). Hal ini mungkin terjadi karena pada usia ini otak kita belum bekerja untuk menggabungkan informasi ke dalam pola saraf kompleks yang kita ingat.

Anak-anak kecil mengingat fakta-fakta saat itu, seperti siapa orang tuanya, atau seseorang berkata “tolong” sebelum ibu memberimu permen. Ini disebut “memori semantik”.

Namun hingga usia dua hingga empat tahun, anak-anak biasanya kekurangan “ingatan episodik”. Ini adalah kenangan akan detail suatu peristiwa.

Ingatan seperti itu disimpan di banyak bagian permukaan otak atau korteks. Misalnya, memori suara diproses oleh korteks pendengaran di sisi otak, sedangkan memori visual diproses oleh korteks visual di bagian belakang. Suatu wilayah otak yang disebut hipokampus mengikat semua bagian yang tersebar menjadi satu.

Profesor psikologi Universitas Emory, Patricia Bauer, mengatakan kepada Livescience bahwa jika Anda menganggap korteks Anda sebagai hamparan bunga, maka ada bunga di seluruh kepala Anda. “Hipokampus, yang terletak tepat di tengah-tengah otak Anda, bertanggung jawab untuk menyatukan segala sesuatu dan mengikat semuanya,” kata Bauer.

Memori adalah suatu kumpulan, pola hubungan saraf antara bagian-bagian otak tempat ingatan disimpan. Anak-anak mungkin tidak merekam episode tertentu sampai mereka berusia dua hingga empat tahun, karena pada saat itulah hipokampus mulai mengikat potongan-potongan informasi menjadi satu, kata Nora Newcombe, seorang profesor psikologi di Temple University di Philadelphia, kepada Live Science.

Untuk anak-anak yang lebih muda dari rentang usia ini, memori episodik bisa menjadi sangat sulit ketika anak masih belajar bagaimana dunia bekerja, kata Newcombe. “Saya pikir tujuan utama dari dua tahun pertama adalah untuk memperoleh pengetahuan semantik, dan dari perspektif itu, memori episodik dapat mengganggu,” kata Newcombe.

Namun teori lain menyatakan bahwa kita sebenarnya menyimpan ingatan awal ini saat masih anak-anak, namun kesulitan mengingatnya saat dewasa. Misalnya, sebuah studi tahun 2023 yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances menemukan bahwa ingatan masa kecil yang “terlupakan” dapat dipulihkan pada tikus dewasa dengan menstimulasi jalur saraf tertentu yang berhubungan dengan memori dengan cahaya.

Penulis penelitian ini adalah orang pertama yang meneliti faktor perkembangan yang mungkin mempengaruhi amnesia masa kanak-kanak. Mereka menemukan bahwa tikus dengan kondisi neurodegeneratif yang merupakan karakteristik gangguan spektrum autisme (ASD) mampu mengingat kenangan masa kecil.

Ada banyak penyebab autisme, namun sebelumnya telah dikaitkan dengan aktivasi sistem kekebalan tubuh ibu yang berlebihan selama kehamilan. Jadi, untuk membuat tikus dengan ASD, para peneliti menstimulasi sistem kekebalan tubuh tikus betina selama kehamilan.

Aktivasi sistem kekebalan ini membantu mencegah hilangnya memori dini pada anak-anak dengan mempengaruhi ukuran dan plastisitas sel memori khusus di otak mereka. Ketika sel-sel ini distimulasi secara optik pada tikus dewasa tanpa autisme, ingatan yang terlupakan dapat dipulihkan.

“Temuan baru ini menunjukkan bahwa aktivasi sistem kekebalan tubuh selama kehamilan menyebabkan perubahan keadaan otak yang mengubah ‘saklar lupa’ bawaan kita yang bersifat reversibel yang menentukan kapan kehilangan ingatan terjadi pada masa bayi,” kata rekan penulis studi Tomás Ryan. Profesor Biokimia di Trinity College, Dublin, Irlandia.

Meski penelitian ini dilakukan pada tikus dan belum pernah diteliti pada manusia, namun penelitian ini dinilai memiliki implikasi penting. “Implikasi yang dimaksudkan adalah meningkatkan pemahaman kita tentang memori dan lupa dalam perkembangan anak, serta fleksibilitas kognitif umum dalam konteks autisme,” kata Ryan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *