Februari 26, 2024

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi mendapat izin usaha atau persetujuan dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Berbekal izin tersebut, BSI akan segera mengoperasikan cabang penuh di Dubai.

CEO BSI Hery Gunardi mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan posisi strategis Dubai untuk menempatkan BSI dekat dengan pusat perekonomian dunia. BSI akan memfasilitasi dan meningkatkan hubungan ekonomi, bisnis dan perdagangan antara Indonesia dan UEA, wilayah lain di Timur Tengah dan Afrika melalui layanan keuangan dan ekonomi syariah.

“Perluasan cabang ini tidak hanya memperkuat posisi BSI di Timur Tengah, namun juga meningkatkan kemampuan kami dalam menawarkan berbagai layanan dan produk kepada nasabah di Dubai,” kata Hery dalam siaran pers, Minggu (12/03/2023 ). . ).

Menurutnya, pendirian cabang di Dubai tidak hanya akan memperkuat kemitraan Indonesia dengan UEA dan Arab Saudi, tetapi juga mendukung ekspor Indonesia, perusahaan lain, dan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya di Timur Tengah. Menurut Hery, pasarnya bisa mencapai 10-20% dari total perdagangan impor luar negeri sekitar 4-5 miliar dolar.

Dengan diperolehnya izin usaha penuh pada cabang tersebut, BSI lebih leluasa dalam menjalankan bisnis internasional. Lisensi ini membuka peluang untuk berbagai kegiatan termasuk pembiayaan komersial seperti letter of credit (LC), ekspor dan impor, pembiayaan komersial termasuk integrasi dan kemampuan internasional.

Selain itu, lisensi ini juga memungkinkan BSI untuk melakukan aktivitas organisasi dan konsultasi untuk menghubungkan investasi global di Indonesia melalui serangkaian layanan keuangan dan perbankan. Oleh karena itu, ditegaskannya, tidak hanya kualitas layanan BSI yang akan ditingkatkan, namun dampaknya juga akan semakin besar dalam mendukung penyelenggaraan perekonomian nasional di seluruh dunia.

Dalam rangka Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CEPA), lanjutnya, BSI berharap mampu mendukung penjualan para pengusaha di UEA dan wilayah sekitarnya. Dengan posisinya sebagai pemain global di Dubai, BSI terus memperkuat kerja sama dengan bank syariah di kawasan untuk memperdagangkan sukuk.

Menteri BUMN Erick Thohir berharap BSI dapat membantu pengusaha Indonesia untuk berkembang di kawasan Timur Tengah. “Saya berharap BSI dapat menjadi pemimpin kunci dalam membawa dampak positif bagi industri keuangan halal dan syariah, memfasilitasi perluasan bisnis lokal dan menjadi kontributor utama perekonomian negara,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *