Maret 4, 2024

Wonosobo – Bukit Sikunir dikenal sebagai tempat wisata alam dimana anda bisa menyaksikan matahari terbit. Pesona Golden Sunrise di Gunung Sikunir disebut-sebut terbaik se-Asia Tenggara.

Gunung ini terletak di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut. Yuk cek informasi selengkapnya di bawah ini: Perjalanan Gunung Sikunir

kabarbinjai.com berkesempatan mengunjungi Gunung Sikunir untuk mengunjungi Golden Sun pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Tiba di loket tiket pukul 04.15 WIB mobil sudah dipesan. Karena parkir utama sedang dalam perbaikan, mobil harus parkir di atas. Sedangkan sepeda motor masih bisa mengakses parkir utama.

Bagi wisatawan roda empat, berjalanlah lebih jauh hingga ke pintu masuk. Tapi jangan khawatir, ada driver motodup yang siap mengantar wisatawan. Tiket hanya 15.000 per leg.

Pastikan Anda memakai jaket tebal karena suhu di sana sangat dingin. Jika Anda lupa membawa celana atau topi dan sarung tangan, Anda bisa membelinya di depan pintu. Harga reguler tidak mahal.

Mulai berjalan kaki dari pintu masuk pada pukul 04.20 WIB dan mencapai puncak Sikunir pada pukul 04.47 WIB. Pendakian Sikunir sangat mudah karena jalan beraspal.

Terdapat juga pegangan tangan, kayu dan logam, untuk mencegah tergelincir saat naik atau turun. Sebagai tindakan pengamanan, tanda-tanda dipasang di jalan menanjak.

Meski mudah, wisatawan diimbau berhati-hati karena pendakian ini membutuhkan kebugaran fisik seperti halnya Golden Sun.

Matahari muncul sekitar pukul 05.15 WIB, warnanya tampak oranye keemasan. Gunung Sikunir juga sering disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menemukan matahari terbit terbaik di Asia Tenggara.

Maka tak heran jika banyak wisatawan yang ingin melihat matahari keemasan di Gunung Sikunir. Ulasan kabarbinjai.com menunjukkan wisatawan terlalu sibuk untuk mendaki Sikunir. Anda juga bisa melihat awan putih menutupi pegunungan.

Matahari terlihat di balik Gunung Sindoro. Selain Gunung Sindoro yang terlihat, masih ada gunung lainnya. Gunung yang paling terekspos adalah Gunung Prau dan Gunung Sumbing. Sedangkan Gunung Mera mulai dari Gunung Mebabu, Gunung Lou, Gunung Slamet dan kawasan pegunungan lainnya.

Pengunjung dapat melihat semua gunung ini dalam cuaca cerah. Jika mendung tentu hanya terlihat satu atau dua gunung saja. Pemandangan lain dari Gunung Sikunir adalah Telaga Cebong.

Rata-rata pengunjung mulai turun sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, masyarakat awam masih belum bisa memilikinya.

Perlengkapan di sekitar Gunung Sikunir lengkap. Fasilitas tersebut antara lain toilet di jalur pendakian, musala, dan ruang istirahat yang luas untuk istirahat sejenak.

Warung-warung di sana juga menjual makanan khas Dieng dan jajanan lainnya. Jangan khawatir, harganya sangat masuk akal. Jadi Anda tidak menghabiskan banyak uang.

Tiket per orang berharga Rp 15.000. 10.000 tempat parkir, 5.000 sepeda motor dan 15.000 R bus

Gunung Sikunir terletak di Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo ini merupakan pintu gerbang menuju Gunung Sikunir.

Untuk mencapai Gunung Sikunir, wisatawan hanya membutuhkan mobil untuk mencapai Desa Sembungan. Kemudian ikuti jalan di tengah desa hingga mencapai tempat parkir di lereng gunung Sikunir. Yang harus Anda fokuskan hanyalah jalur sempit, jadi berhati-hatilah saat berpapasan dengan kendaraan lain.

Itulah berita mengenai Gunung Sikunir yang disebut-sebut sebagai tempat terbaik melihat Golden Sunrise di Asia Tenggara. Jika ingin menikmati keajaiban alam ini sangat disarankan untuk melakukan pendakian pada pukul 04.00 hingga 05.00 WIB. Selamat berlibur. Strategi berkelanjutan ini merupakan cara inovatif dalam mengelola sampah di kawasan wisata. Mereka berupaya membangun sistem pengelolaan sampah berkelanjutan di TNGGP, termasuk mendukung pengumpulan sampah, pusat daur ulang sampah, dan fasilitas pengolahan. kabarbinjai.com.co.id pada 25 November 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *